nusabali

PATBM Diharapkan Bantu Wujudkan Kota Layak Anak

  • www.nusabali.com-patbm-diharapkan-bantu-wujudkan-kota-layak-anak

GIANYAR, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Gianyar gencar melakukan sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap anak. Anak merupakan salah satu kelompok rentan yang perlu mendapat perhatian khusus. Kehadiran pemerintah dijembatani oleh aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Desa diharapkan dapat mewujudkan Kota Layak Anak.

Aktivis PATBM diharapkan dapat mengantisipasi kekerasan terhadap anak agar terhindar dari kasus kekerasan yang akan mengganggu tumbuh kembangnya. Kadis P3AP2KB Kabupaten Gianyar, I Gusti Agung Sri Widiawati mengatakan, PATBM Desa merupakan salah satu indikator penilaian Kota Layak Anak (KLA). 

Sebuah gerakan dari jaringan kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak. Sehingga perlu daya tanggap dan reaksi cepat masyarakat terhadap persoalan yang timbul di masyarakat sebagai upaya pencegahan kekerasan terhadap anak dan perempuan. 

"PATBM merupakan inisiatif masyarakat sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap, dan perilaku guna memberikan perlindungan terhadap anak,” ungkap Sri Widiawati saat sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak dan Pencegahan Pekerja Anak di pendopo Dinas P3AP2KB Kabupaten Gianyar, Rabu (8/11) pagi.

Selain kekerasan terhadap anak, faktor ekonomi juga mendorong anak masuk dalam dunia kerja yang sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. “Karena faktor ekonomi, anak diharuskan membantu keuangan keluarga, bahkan ada yang menjadi tulang punggung keluarga. Mempekerjakan anak di bawah umur merupakan hal yang dilarang oleh negara,” lanjutnya.

Sri Widiawati berharap, dengan semangat melindungi anak, mulai dari pemerintah desa dan seluruh masyarakat serta aktivis PATBM dapat mewujudkan desa yang layak anak. Apabila desa/ kelurahan sudah layak anak akan terwujud kecamatan layak anak, dan apabila seluruh kecamatan layak anak maka akan terwujud kabupaten layak anak. 7 nvi

Komentar