nusabali

Kodam Udayana Gelar Pelatihan Petugas Swab Covid-19

  • www.nusabali.com-kodam-udayana-gelar-pelatihan-petugas-swab-covid-19

DENPASAR, NusaBali
Menekan tingginya laju penyebaran Covid-19 di wilayah Kodam IX/Udayana meliputi Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur terus dilakukan berbagai upaya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kodam IX/Udayana saat ini adalah melakukan tracing secara masif.

Pada Rabu (28/7) digelar kegiatan pelatihan swab Covid-19 secara virtual. Pelatihan ini diikuti oleh para Dandim, Dandenkesyah, sejumlah prajurit Kodam IX/Udayana yang disiapkan, dan tenaga kesehatan dari Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di wilayah Kodam IX/Udayana. Para peserta mengikuti pelatihan dari tempat kerja masing-masing. 

Pelatihan ini dilakukan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam upaya tracing. Prajurit Kodam IX/Udayana juga disiapkan untuk menjadi tenaga tracer. Nantinya mereka bergabung dengan perwakilan tenaga kesehatan dari Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di Bali, NTB, maupun NTT. 

Asops Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Lalu Habibburrahim W mengatakan pelatihan terhadap petugas swab dan tracing ini dalam rangka mendukung kegiatan PPKM  Level 4 yang dilaksanakan di wilayah Kodam IX/Udayana. Kegiatan pelatihan  petugas swab dan tracing ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan sekaligus pengetahuan personel jajaran Kodam IX/Udayana.  

"Kasus terkonfirmasi Covid-19 di wilayah Kodam IX/Udayana terus meningkat tinggi. Kita juga akan melaksanakan kegiatan tracing secara masif. Termasuk juga kegiatan-kegiatan yang lain guna mendukung pemutusan mata rantai Covid-19," tutur Kolonel Habibburrahim.

Sementara itu Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm dr I Made Mardika, SPPD MARS FINASIM mengatakan tujuan pelatihan itu untuk memberikan pencerahan terhadap petugas swab dalam rangka 3 T (Testing, Tracing dan Treatment). Para peserta diberikan pelajaran bagaimana cara melakukan swab. Utamanya pengambilan sampel PCR.

"Dalam pengambilan sampel PCR ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti pengambilan harus sesuai prosedur yang benar sehingga didapat hasil yang sebenarnya. Kemudian bagaimana penyimpanan dan pengiriman sampel tersebut," tandasnya. 7 pol

Komentar