nusabali

Pemkab Tabanan Data Calon Penerima 3.000 Paket Beras

  • www.nusabali.com-pemkab-tabanan-data-calon-penerima-3000-paket-beras

TABANAN, NusaBali
Di tengah PPKM Darurat, 3 – 20 Juli, Pemerintah Pusat merancang pemberian 3.000 paket beras kepada masyarakat Tabanan yang belum menerima bansos (bantuan sosial).

Per paket 5 kg beras.Terkait itu, Pemkab Tabanan melalui Dinas Sosial setempat tengah mendata warga sebagai calon penerima bantaun paket beras tersebut.

Hal itu diungkapkan Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, usai mengikuti rapat koordinasi mengenai bantuan sosial dalam pelaksanaan PPKM Darurat di masa pandemi, dengan Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sabtu (17/7). Bupati Sanjaya mengikuti rapat tersebut secara virtual di Kantor Bupati Tabanan.

Kepala Dinas Sosial Tabanan I Nyoman Gede Gunawan mengatakan untuk penyaluran paket beras masih menunggu petunjuk teknis dari pusat. Selain itu, Dinas Sosial tengah mendata masyarakat yang berhak menerima. "Pendataan ini kami bekerja sama dengan pihak desa," ungkapnya, Minggu (18/7)

Kata dia, penerima paket beras ini masyarakat yang sama sekali belum menerima bantuan sosial. Penerima bantuan 3.000 paket beras ini di luar penerima bantuan lain, seperti BST (bantuan sosial tunai), BLT-DD (bantuan langsung tunai – dana desa), dan lainnya.

Terkait syarat penerima, Gunawan menyebutkan ada beberapa poin penting yakni masyarakat tidak mampu, penyandang disabilitas, warga lansia (lanjut usia), atau penyandang masalah sosial lainnya. “Titik lokasi penerimaan bantuan ini di desa berdasarkan by name by address. Karena bantuan ini bersumber dari pusat. Prosesnya sekarang sedang pendataan calon penerima di desa,” ungkap Nyoman Gunawan.

Kapan jadwal pendistribusian paket bantuan ini, Gunawan belum bisa memastikan waktu. Karena dia tengah menunggu kedatangan paket beras itu dari pusat. “Kami masih menunggu paketnya dari pusat saja. Jika nanti sudah datang, kami akan langsung distribusikan. Kami berharap masyarakat bersabar dulu,” tandasnya. *des

Komentar