nusabali

Aprindo : Omzet Ritel Pasti Turun

Dampak PPKM Darurat

  • www.nusabali.com-aprindo-omzet-ritel-pasti-turun

DENPASAR,NusaBali
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19 dipastikan berdampak pada bisnis ritel. Omzet  diperkirakan akan mengalami penurunan.

Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Bali Anak Agung Ngurah Agung Agra Putra mengatakan, Minggu(4/7).  “Apalagi jam tersebut merupakan peak hours kunjungan,”  ujarnya.

Untuk mensiasti hal itu mau tidak mau menyatakan  pengusaha harus kembali melakukan usaha-usaha efisiensi di segala lini untuk mengurangi pengeluaran. Mulai dari pemakaian listrik, pengadaan barang sampai dengan  efisiensi sektor sumber daya manusia (SDM).

"Karena itulah cost terbesar dalam suatu unit bisnis," ujarnya. Sebelumnya sektor ritel sudah menurun hingga -37 persen imbas dari pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung 1,5 tahun.

Penurunan bisnis  karena melemahnya  daya beli masyarakat, sehingga berdampak pada berkurangnya  tingkat konsumsi. Kontraksi ini tentu berdampak pada PDRB Bali, mengingkat  konsumsi masyarakat memberi kontribusi 60 persen. K17

Komentar