nusabali

PPKM Darurat, Stok Pangan Aman

  • www.nusabali.com-ppkm-darurat-stok-pangan-aman

JAKARTA, NusaBali
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memastikan ketersediaan pasokan makanan dan minuman tak akan terganggu selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat diterapkan.

Angkutan logistik akan tetap beroperasi 100 persen. "Saya sampaikan agar masyarakat tidak panik dengan pembatasan (PPKM darurat) karena persiapan logistik makanan dan minuman tidak masalah," ucap Tito dalam konferensi pers secara daring, seperti dilansir cnnindonesia.com, Kamis (1/7).

Ia mengatakan sektor logistik akan beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, toko kelontong, pasar, atau supermarket tetap buka selama PPKM darurat.

"Tapi operasi dibatasi sampai 20.00 WIB (21.00 Wita) dan kapasitas hanya 50 persen," imbuh Tito.

Meski dibatasi, Tito mengatakan masyarakat tetap bisa membeli barang-barang yang dibutuhkan. Dengan demikian, masyarakat tak perlu ke pasar, toko kelontong, atau supermarket secara berbondong-bondong untuk menimbun bahan pangan.

Begitu juga dengan restoran yang tetap buka selama PPKM darurat. Hal ini berlaku bagi restoran di pinggir jalan atau di dalam pusat perbelanjaan.

"Masih buka tapi take away. Tidak terima makan di tempat. Tapi yang penting prinsip ketersediaan makan minum tetap siap," jelas Tito.

Dihubungi terpisah, Kepala Bagian Humas dan Kelembagaan Perum Bulog Tomi Wijaya mengatakan total stok beras yang berhasil diamankan hingga saat ini telah mencapai 1,4 juta ton.

Jumlah tersebut sesuai dengan penugasan dari pemerintah untuk mengamankan cadang beras sebanyak 1 juta hingga 1,5 juta ton demi menjaga stabilitas harga.

"Stok yang dikuasi Bulog saat ini ada 1,4 juta ton sudah di batas aman penugasan pemerintah karena berdasarkan Rakortas itu 1-1,5 juta ton," ujarnya.

Tomi juga menyampaikan Bulog terus memantau pergerakan harga beras secara berkala di pasaran. Jika terjadi kenaikan harga, cadangan beras akan diguyur ke pasar agar harga kembali stabil.

"Kami juga diberikan penugasan pemerintah melakukan operasi pasar atau KPSH (Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga) itu dilaksanakan sepanjang tahun selama 2021. Ini arahannya setiap saat kita bisa melaksanakan itu, pada saat harga naik itu pun langsung," tuturnya.

Di luar itu, Bulog juga memastikan ketersediaan stok pada komoditas daging ayam, telur, gula, dan minyak goreng. Pengamanan dilakukan dengan kontrak pemasokan lebih awal dengan para mitra.

"Untuk distribusi insyaallah aman karena kami kan sektor logistik kritikal yang dibolehkan beroperasi 100 persen," jelasnya.

Diketahui, pemerintah menerapkan PPKM darurat mulai 3-20 Juli 2021. Hal ini untuk menekan angka penularan covid-19 yang tembus di atas 20 ribu orang per hari dalam beberapa waktu terakhir. *

Komentar