nusabali

Badung Komitmen Kembangkan Sektor Pertanian

  • www.nusabali.com-badung-komitmen-kembangkan-sektor-pertanian

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen mengembangkan sektor pertanian di tengah pandemi Covid-19.

Sebab, lumpuhnya sektor pariwisata berdampak pula pada sektor lainya, alhasil sebagian besar masyarakat kehilangan mata pencaharian dan akhirnya kembali ke sektor pertanian.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa saat menghadiri penyerahan secara simbolis alat mesin pertanian (alsinta) oleh anggota DPR RI Komisi IV I Made Urip, di Subak Pedahanan, Desa Jagapati, Kecamatan Abiansemal, Senin (28/6). Acara penyerahan alsintan ini juga dirangkai dengan penanaman padi percontohan MSP (Mari Sejahterakan Petani), lomba traktor dan penebaran bibit ikan nila di lingkungan Subak Pedahanan dalam rangka peringatan Bulan Bung Karno III tahun 2021. Turut hadir Ketua DPRD Badung Putu Parwata, anggota DPRD I Made Ponda Wirawan, Ni Luh Putu Sekarini, Ni Luh Kadek Suastiari, Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa, Perbekel Angantaka AA Ngurah Eka Surya, Perbekel Jagapati I Wayan Sutarga serta krama Subak Pedahanan.

Wabup Suiasa mengatakan sektor pertanian dan pangan mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam menjaga stabilitas ketahanan pangan masyarakat. “Terlebih di saat pandemi Covid-19 saat ini, sektor pertanian sama pentingnya dengan sektor kesehatan, karena kondisi kesehatan masyarakat yang prima harus didukung dengan pemenuhan kebutuhan yang cukup dan berimbang,” ujarnya.

Lebih lanjut Wabup Suiasa mengatakan lumpuhnya sektor pariwisata berdampak pula pada sektor lainya, terutama sektor perekonomian. Sebagian besar masyarakat kehilangan mata pencaharian dan akhirnya kembali ke sektor pertanian. Untuk itu lah, lanjutnya, Pemkab Badung berkomitmen untuk mengembangkan sektor pertanian dari hulu, tengah, dan hilir.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Suiasa menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada anggota DPR RI Komisi IV I Made Urip atas kepeduliannya kepada para petani di Bali dan Kabupaten Badung khususnya. “Saya berharap kerjasama serta kolaborasi seperti ini harus terus ditingkatkan agar sektor pertanian dapat semakin berkembang dan mampu menjadi tulang punggung bagi masyarakat tanpa harus tergantung dengan sektor pariwisata,” harap Wabup Suiasa.

Sementara itu anggota DPR RI Komisi IV I Made Urip, merasa senang dan bangga bisa bertemu dan bertatap muka dengan krama subak, dalam rangka penyerahan alsintan dan penanaman padi MSP. Pihaknya menyebutkan bahwa ini adalah program pimpinan pusat untuk menjaga dan menegakan kedaulatan pangan. Dia engatakan akan siap terus membantu, serta akan terus berkoordinasi dengan Kabupaten Badung untuk bersinergi, bekerjasama membantu petani yang ada di Bali dan di Badung khususnya. *dar

Komentar