nusabali

100 Karateka Tuntaskan Gashuku dan UKT di Badung

  • www.nusabali.com-100-karateka-tuntaskan-gashuku-dan-ukt-di-badung

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 100 karateka menuntaskan Gasshuku dan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) DAN Zona III, yang digelar Pengprov Kushin Ryu M Karate-do Indonesia (KKI) Bali, di GOR Dalung, Badung, pada Sabtu (12/6) dan Minggu (13/6).

Dalam kegiatan itu, Kyu 1 ke DAN 1 diikuti 78 orang serta DAN I ke DAN II diikuti 22 orang, sehingga total peserta mencapai 100 orang, yang berasal  dari tuan rumah Bali, NTT dan Kepulauan Riau. "Sebelum UKT diawali Gasshuku atau latiha bersama di Lapangan Dalung, baru kemudian UKT di GOR Dalung," kata Ketua Panitia Gassuku dan UKT Nararya Narottama, Minggu (13/6).

Dalam kegiatan itu, kata Narottama, tetap dilakukan penerapan protokol kesehatan ketat. Seluruh peserta dan panitia menjalani proses test swab di Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan hasilnya semuanya negatif.

Menurutnya, Gasshuku dan UKT Zona III ini program kerja KKI Bali, sekaligus bentuk tanggungjawab pengurus KKI Bali dalam mengembangkan organisasi. Yakni, melalui pembinaan teknik dan teori serta meningkatkan kuantitas dan kualitas pemegang sabuk hitam/DAN KKI.

Pada tersebut, kata Narottama, juga menetapkan anggota kehormatan Sabuk Hitam dari KKI Bali ke Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta. Selanjutnya, Bupati akan mendkung penuh kegiatan KKI Bali. Bahkan UKT baginya, adalah tingkatan organisasi karate. Dalam melatih mental, fisik dan teknik. Jadi karate saat ini bukan sekedar hobi, tapi diproyeksikan menjadi prestasi.

"Saya berharap para karateka mengedapankan motto kerja iklas, cerdas, dan tuntas," tegas Giri Prasta. Sedangkan Ketua Umum Pengprov KKI Bali, Anak Agung Ngurah Mahendra menegaskan kegiatan KKI Bali itu adalah program kerja pembinaan organisasi. Yakni, memberikan kesempatan pada anggota untuk naik kelas DAN.

Sementara itu, persyaratan peserta yakni DAN I (Sabuk Hitam) adalah KYU 1 (Sabuk coklat tua). Untuk ke DAN II, peserta sudah bertajuk DAN 1 minimal 2 tahun dan aktif berlatih. Disatu sisi untuk tim penguji nanti dari PP KKI (Pengurus Pusat di Jakarta) dan tim penguji dari Bali.

Materi yang diujikan yakni Gerakan Karate Dasar, Kumite (tanding), Kata (penyelarasan gerak) Jujitsu (aplikasi beladiri) dan dasar-dasar perwasitan. Dimana, untuk salah satu pengujian nanti yakni Sensei Ardy Ganggas. Ardy Ganggas yang juga Sekum FORKI Bali merupakan salah satu anggota Tim penguji dari PP KKI. *dek

Komentar