nusabali

Tim Pelatih Evaluasi Kelincahan Pesilat Bali

  • www.nusabali.com-tim-pelatih-evaluasi-kelincahan-pesilat-bali

DENPASAR, NusaBali
Pelatih kepala tim pencak silat Bali I Gusti Made Semarajaya menegaskan, pihaknya masih belum puas dengan hasil ujicoba lawan atlet Pelatnas beberapa waktu lalu.

Faktor kelincahan para pesilat jadi evaluasi yang harus dibenahi tim pelatih. Bahkan pesilat putri tak satupun meraih kemenangan.

Kini Gusti Semarajaya dan para pelatih harus berkerja keras lagi meningkatkan kelincahan para pesilat menuju PON Papua XX/2021 pada 2-15 Oktober. Ya, dalam waktu 100 hari ke depan latihan harus lebih maksimal agar para pesilat berpeluang meraih medali emas di Papua.

"Evaluasi pasca ujicoba yang paling urgen harus dibenahi, yakni daya tahan dan kelincahan. Atlet pencak silat Bali kurang lincah saat bertanding di atas matras," kata Gusti Semarajaya, Minggu (6/6).

Menurut Semarajaya, kelincahan menjadi faktor kegagalan Bali mengalahkan pesilat Pelatnas. Padahal teknik, taktik, dan kematangan strategi itu sama saja. Namun saat bertanding, terlihat atlet silat PON Bali kurang lincah. Bahkan pesilat putri harus dievaluasi total. Tidak satupun pesilat putri meraih kemenangan di nomor laga. Padahal saat Pra PON cukup berjaya juga di sektor putri. Namun saat ujicoba semuanya kendor.

"Kami tidak berkelit, sehari sebelum ujicoba memang ada tes fisik. Saat tes fisik atlet Pelatda oleh KONI Bali, semuanya all out. Besoknya langsung ujicoba, akhirnya kita kelihatan kendor sekali di kelincahan. Mainnya atlet kita tidak gesit," tutur Semarajaya.

Sedangkan di sektor putra, problemnya juga sama. Kelincahan jadi kegagalan pesilat Bali menghadapi tim Pelatnas. Hanya Komang Harik Adi Putra dan Cokorda Gede Kresna Wiguna Putra yang mampu mengalahkan pesilat Pelatnas. Tapi pesilat lainnya harus mengakui ketangguhan lawan.

"Kami akan berupaya pacu kelincahan pesilat Bali. Dengan lari bolak - balik jarak pendek. Spead akan kita tambah. Dan ini harus diulang terus untuk menuju kelincahan," kata pria yang juga Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Provinsi Bali itu.

Gusti Semarajaya menegaskan, masih ada waktu tiga bulan ke depan untuk mengasah kelincahan. Sekarang, katanya, tim pelatih akan fokus kembali latihan dulu berdasarkan hasil evaluasi. Nantinya, akan kembali siap meladeni pesilat daerah lain jika ingin ujicoba dengan Tim Bali.*dek

Komentar