nusabali

Tabanan Libatkan 500 Seniman di PKB dalam Situasi Pandemi

  • www.nusabali.com-tabanan-libatkan-500-seniman-di-pkb-dalam-situasi-pandemi

TABANAN, NusaBali
Kesiapan Kabupaten Tabanan untuk mengikuti Pesta Kesenian Bali (PKB) pada Juni 2021 sudah 95 persen siap.

Selain seniman sudah selesai divaksin, calon peserta pun sudah gencar latihan. Setidaknya Tabanan akan melibatkan sekitar 500-an seniman dalam ajang PKB di tengah situasi pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan I Wayan Muder, menerangkan kesiapan Tabanan untuk mengikuti PKB di tahun ini sudah 95 persen. Ada 14 materi yang dikirim Tabanan untuk beradu dengan kabupaten lain. “Persiapan kami sudah 95 persen, peserta sudah divaksin dan sudah latihan,” ujarnya, Selasa (18/5).

Adapun materi yang diikuti duta Tabanan di antaranya Gong Kebyar Dewasa, Gong Kebyar Remaja, Gong Kebyar Anak-anak, Gong Kebyar Wanita, Pagelaran Wayang, Pagelaran Kolosal, Baleganjur, Taman Penasar, Parade Pop Bali, Ngelawang, serta beberapa agenda bagi PKK.

Sementara materi yang tidak bisa diikuti antara lain Barong Ket, Drama Gong, serta rekonstruksi kesenian. Semisal tabuh kreasi Sekaa Abdi Budaya dengan tabuh kreasinya yang terkenal di era 80-an. “Meskipun ada yang tidak bisa diikuti, materi yang kami kirim sebanyak 14 ini sudah paling banyak dibanding kabupaten lain,” tegas Wayan Muder.

Menurutnya dengan 14 materi itu, Tabanan akan mengirim seniman sekitar 500-an orang lebih. Pesta Kesenian Bali ini akan berlangsung 12 Juni sampai dengan 13 Juli 2021. “Anggaran PKB sekarang dianggarkan Rp 1 miliar lebih terdiri dari APBD Tabanan dan BKK Provinsi Bali,” imbuhnya.

Sedangkan untuk teknis pementasan atau pagelaran, Wayan Muder menyebutkan ada yang virtual atau secara online. Kemudian ada yang offline atau live dengan jumlah penonton yang dibatasi. Seperti Gong Kebyar Remaja, proses pagelarannya akan dilaksanakan di Ardha Candra (Taman Budaya Bali di Denpasar, Red) dan direkam lebih awal dari jadwal PKB. “Teknisnya sudah dikasih tahu, kami nanti menjalankan sesuai dengan teknis yang diberikan,” tandas Wayan Muder. *des

Komentar