nusabali

Pemasangan GeNose C19 Tunggu Bantuan Pihak Ketiga

  • www.nusabali.com-pemasangan-genose-c19-tunggu-bantuan-pihak-ketiga

MANGUPURA, NusaBali
Rencana pemasangan alat GeNose C19 ke sejumlah daya tarik wisata (DTW) di Kabupaten Badung, masih terus dimatangkan.

Sebab, alat buatan UGM ini bukan pengadaan dari Pemkab Badung. Melainkan bantuan dari pihak ketiga dalam bentuk CSR (Corporate Social Responsibility).

Mengingat ini merupakan bantuan dari pihak ketiga, Pemkab Badung belum dapat memastikan DTW selain kawasan Luar Pura Uluwatu, dapat dilengkapi dengan GeNose C19. Kendati demikian, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung Cokorda Raka Darmawan, berharap seluruh DTW yang ada di Gumi Keris dapat dilengkapi dengan GeNose C19. “Karena ini merupakan bantuan CSR dan sifatnya bukan pengadaan dari pemkab, jadi kami menunggu dari yang menyumbang,” ujar Raka Darmawan saat dikonfirmasi, Selasa (18/5).

Raka Darmawan yang juga Asisten Administrasi Umum Sekda Badung ini melanjutkan, ada 6 DTW yang telah kerja sama dengan Pemkab Badung, antara lain Uluwatu, Pantai Labuan Sait, Pantai Pandawa, Sangeh, Taman Ayun, dan Air Terjun Nungnung. “Tentunya akan disesuaikan dengan jumlah alat yang akan diterima nanti. Yang jelas akan diprioritaskan di 6 DTW itu, dan kami akan meminta arahan pimpinan terkait pemasangan selanjutnya. Kalau pemda memilki program pasti lebih diprioritaskan untuk melengkapi fasilitas yang ada,” kata birokrat asal Ubud, Gianyar ini.

Dia menambahkan, Pemkab Badung dalam hal ini hanya membantu pemasangan saja. Sedangkan untuk selanjutnya, pengelolaan akan dilakukan langsung oleh manajemen DTW. “Proses pengelolaan secara keseluruhan diserahkan kepada pengelola DTW. Kami memfasilitasi pengadaan dan memfasilitasi tenaga agar bisa menggunakan alat itu, setelahnya menjadi tanggung jawab dari pengelola,” tandasnya.

Di sisi lain, Raka Darmawan mengatakan, hingga saat ini belum ditemukan wisatawan dengan hasil positif selama penggunaan GeNose C19. Jika nantinya ditemukan wisatawan positif, kata Raka Darmawan, yang bersangkutan akan mengikuti prosedur dan arahan dari Satgas Covid-19 Badung. *ind

Komentar