nusabali

Salat Idul Fitri di Denpasar Wajib Masker dan Dilarang Bersalaman

  • www.nusabali.com-salat-idul-fitri-di-denpasar-wajib-masker-dan-dilarang-bersalaman

DENPASAR, NusaBali.com - Pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 Hijriyah pada Kamis (13/5/2021), akan digelar di beberapa masjid besar yang ada di Kota Denpasar.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh Mardi Soemitro selaku Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Denpasar. Pihaknya mengkonfirmasi bahwa akan ada 182 masjid di Kota Denpasar yang menggelar salat Idul Fitri 2021. 

“Pelaksanaan salat Ied ini telah mengacu pada Surat Edaran Menteri Agama RI, Nomor 7 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah/2021 di Saat Pandemi Covid,” ujar Mardi. 

:Setiap panitia di masjid masing-masing akan mengatur penerapan prokes (protokol kesehatan) dengan menjaga jarak. Jadi bisa dilaksanakan dengan kapasitas 50 persen dari kapasitas masjidnya sendiri,” lanjut Mardi, Rabu (12/5/2021).

Mardi juga menegaskan dalam pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 H ini, penerapan prokes merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan. Selain itu, dalam pelaksanaannya jemaah juga wajib menggunakan masker.

Pelaksanaan salat Ied kali ini juga tidak akan diadakan di lapangan. Selesai salat, umat diminta langsung pulang dan tidak bersalaman. “Untuk menghindari kerumunan juga. Kami juga mengimbau kepada yang lansia dan jamaah yang kurang fit dan sehat agar salat di rumah saja,” terangnya lagi.

Selain itu, pelaksanaan malam takbiran dengan keliling di Kota Denpasar juga ditiadakan. Malam takbiran hanya akan dilaksanakan di masjid dengan terbatas dan waktu pelaksanaannya juga tidak sampai terlalu larut malam.

“Malam takbiran dilaksanakan di masjid atau musala dengan kapasitas 10 persen, di mana waktu pelaksanaannya juga disesuaikan sehingga tidak sampai larut malam,” katanya.

Di sisi lain, berdasarkan pantauan NusaBali.com, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan oleh panitia masjid. Beberapa di antaranya ada Masjid Raya Baiturrahman di Jalan Ahmad Yani Denpasar Utara dan Masjid Agung Sudirman Denpasar Barat.

“Tidak ada persiapan khusus ya. Kami hanya bersih-bersih dan mengatur jarak untuk jamaah besok,” jelas Haji Abdul Hakim, Takmir Bidang Idaroh, Masjid Baiturrahman, Jalan Ahmad Yani Denpasar.

Sementara itu, di Masjid Agung Sudirman juga terpantau lengang. Beberapa warga ada yang mendatangi langsung ke masjid untuk mengetahui informasi mengenai pelaksanaan salat Ied.

“Tadi saya keliling-keliling mau cari  tempat untuk salat Ied besok. Alhamdulilah bisa di sini ternyata,” ujar Herman, seorang warga yang tinggal di Pemogan.*

Komentar