nusabali

Badung Putuskan Ikuti Enam Materi PKB

  • www.nusabali.com-badung-putuskan-ikuti-enam-materi-pkb

MANGUPURA, NusaBali
Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2021 semakin dekat pelaksanaannya. Dalam perhelatan akbar kesenian se-Bali yang rencananya akan dilaksanakan bulan Juni-Juli 2021 itu, Kabupaten Badung memutuskan untuk mengikuti sebanyak enam materi dari 18 materi yang diparadekan dan dilombakan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gde Eka Sudarwitha, mengatakan enam materi tersebut antara lain parade gong kebyar dewasa, gong kebyar anak-anak, gong kebyar wanita, lomba beleganjur, bapang barong ket, dan lomba magender wayang. Total Kabupaten Badung bakal mengirim sebanyak 410 duta.

“Selain enam materi tersebut, kami juga mengikuti serangkaian lomba kewanitaan seperti memasak dan peragaan busana ke pura,” ujar Sudarwitha, dikonfirmasi, Selasa (30/3).

Mantan Camat Petang itu melanjutkan, untuk bisa mengikuti PKB tahun ini, pada seniman yang terdiri dari penabuh, penari, dan pelatih, seluruhnya akan diberikan vaksin Covid-19. “Sesuai arahan Bapak Bupati, pemberian vaksinasi Covid-19 sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Selain vaksinasi, 410 duta Badung yang akan mengikuti PKB, juga dilengkapi dengan komponen prokes lain seperti perlengkapan cuci tangan, pembatasan jarak saat latihan, dan yang lain. “Kami akan mengkondisikan dengan seniman bagaimana kita bisa latihan tapi tetap aman dari sisi kesehatan,” tambahnya.

Sementara saat disinggung soal anggaran, Sudarwitha menjelaskan anggaran yang sebelumnya dipasang sebesar Rp 1,6 miliar pada APBD tahun 2021. Namun, anggaran tersebut mengalami rasionalisasi sebesar Rp 300 juta. Rasionalisasi dilakukan karena pembatasan peserta dan juga penundaan pawai pembukaan.

“Jadi total anggaran yang dialokasikan untuk PKB tahun ini sebesar Rp 1,3 miliar. Kami juga mendapatkan bantuan dari BKK Provinsi Bali sebesar Rp 500 juta,” tandas Sudarwitha. *ind

Komentar