nusabali

WNA Rusia Dideportasi ke Negaranya

Bantu Kekasih Kabur dari Kantor Imigrasi

  • www.nusabali.com-wna-rusia-dideportasi-ke-negaranya

MANGUPURA, NusaBali
Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai, di Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, mendeportasi WNA Rusia, Ekaterina Trubkina, 34, melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, pada Sabtu (19/3) malam.

Wanita asal Rusia ini dideportasi karena membantu pelarian kekasihnya, Andrew Anyer alias Andrei Kavelenka. Selain dideportasi, WNA tersebut juga dimasukan dalam daftar cekal. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali Jamaruli Manihuruk, mengatakan sebelum dideportasi ke negara asalnya, Ekaterina Trubkina, terlebih dahulu mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A, Kerobokan. Sebelumnya WNA Rusia itu ditangkap petugas gabungan, dari Imigrasi Ngurah Rai dan Polda Bali, karena terlibat dalam upaya pelarian kekasihnya, Andrew Anyer, yang merupakan buronan interpol.

“Pendeportasian yang bersangkutan karena keterlibatannya dalam pelarian buronan interpol,” kata Jamaruli Manihuruk, Minggu (21/3) siang.

Menurut Jamaruli Manihuruk, Ekaterina Trubkina, dijemput oleh petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai dari Lapas pada Sabtu pukul 10.00 Wita. Kemudian, dilakukan pendataan di kantor yang terletak di Bypass Ngurah Rai, Jimbaran. Sebelum dideportasi, seluruh data milik Ekaterina Trubkina disesuaikan dan dimasukan dalam daftar pencekalan. “Setelah semua data diambil, baru kita deportasi yang bersangkutan melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Jadi, tim berangkat dari Bali menuju ke Jakarta,” jelas Jamaruli Manihuruk seraya menambahkan yang melakukan pengawalan saat pendeportasian sebanyak dua orang petugas.

Jamaruli Manihuruk menjelaskan, Ekaterina Trubkina dideportasi menggunakan maskapai Turkhis Airline menuju negaranya, Rusia. Ekaterina Trubkina dideportasi dari Indonesia pada pukul 21.35 Wita. Proses pendeportasian berlangsung dengan aman dan lancar.

“Alasan tidak bisa dideportasi dari Bali, karena tidak ada penerbangan langsung. Makanya, dibawa dulu ke Jakarta. Nah, dari Bali menuju Jakarta menggunakan maskapai Citilink,” imbuh Jamaruli Manihuruk.

Seperti diketahui, Ekatarina Trubkina, membantu pelarian kekasihnya, Andrew Anyer, buronan Interpol, yang kabur pada 11 Februari 2021, sekitar pukul 13.20 Wita. Saat itu, Andrew Anyer sedang menjalani pemeriksaan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai. Namun, pada 24 Maret 2021, pasangan tersebut berhasil dibekuk di kawasan Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Badung. *dar

Komentar