nusabali

Libur Nataru Berlalu, Pantai Sanur Kembali Lengang

  • www.nusabali.com-libur-nataru-berlalu-pantai-sanur-kembali-lengang

DENPASAR, NusaBali
Ramai dikunjungi warga saat libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru), Pantai Sanur, Denpasar Selatan kini kembali lengang. Hal tersebut terlihat Kamis (7/1).

Pada pagi hari sempat ramai, lepas tengah hari keramaian mulai berkurang. Yanto, seorang penjual tiket penyeberangan ke Nusa Penida dan Lembongan, menuturkan kunjungan menurun setelah liburan Nataru berakhir. “Pada 4 Januari sudah mulai berkurang (pengunjungnya, Red),” ujarnya.


Yang menyeberang ke Nusa Penida dan Lembongan, papar Yanto, sebagian besar warga lokal untuk berbagai keperluan. Mulai dari pulang kampung, urusan pekerjaan, dan bisnis. Penumpang dengan tujuan berwisata juga ada, namun tidak sebanyak pada libur Nataru. Kebanyakan wisatawan domestik. “Wisatawan mancanegara juga ada tetapi sangat sedikit. Mungkin wisatawan yang tersisa di Bali (pemegang KITAS),” ungkap Yanto.

Berkurangnya aktivitas khususnya penyeberangan menyebabkan berkurang pendapatan. “Untuk dapat Rp 25 ribu sehari, susah sekarang,” imbuh Yanto. Namun karena sudah merupakan pekerjaan utama, Yanto tetap melakoninya. Karena untuk kerja di tempat lain juga susah pada masa pandemi Covid-19.

Penurunan jumlah penumpang diakui kalangan operator boat. “Setelah 4 Januari langsung turun drastis penumpangnya,” ujar I Kadek Adi Saputra, manajer salah satu operator fast boat yang mangkal di Dermaga Sanur. Pada puncak liburan Nataru, kata Adi Saputra, penumpang yang menyeberang menggunakan jasa boat tempat dia bekerja antara 400-500 orang per hari. Puncak keramaian terjadi pada 28 – 31 Desember 2020. Setelah itu mulai berkurang, dan sejak 4 Januari penumpang sehari berkisar 40-an orang. “Seperti tadi (kemarin) siang, hanya 43 orang,” tambahnya. Sedang untuk penyeberangan, Jumat (8/1) hari ini, kata Adi Saputra, baru ada beberapa yang sudah pesan tiket. *k17

loading...

Komentar