nusabali

WNA yang Digulung Ombak di Batu Bolong Dikabarkan Selamat

  • www.nusabali.com-wna-yang-digulung-ombak-di-batu-bolong-dikabarkan-selamat

MANGUPURA, NusaBali
Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Denpasar menghentikan pencarian terhadap warga negara asing (WNA) yang dikabarkan menghilang setelah digulung ombak saat berenang di Pantai Batu Bolong tepatnya di depan restoran The Lawn, Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Badung pada Jumat (17/7) lalu.

Penghentian pencarian itu lantaran dari hasil koordinasi dengan tim intelijen, bahwa WNA yang diketahui bernama Maelanie, 29, tersebut selamat. Kepala Basarnas Denpasar I Gede Darmada, menerangkan proses pencarian terhadap WNA yang dikabarkan digulung ombak saat mandi di Pantai Batu Bolong, Canggu, Kecamatan Kuta Utara, itu dihentikan pada Senin (20/7) sore. Alasan penghentian dikarenakan hasil penelusuran tim intelijen dan keterangan sejumlah saksi, bahwa WNA yang dikabarkan hilang itu mengarah kepada WNA asal Amerika Serikat bernama Maelanie. Kini, wanita (sebelumnya disebutkan berjenis kelamin laki-laki, Red) tersebut menginap di seputaran Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, Gianyar.

“Setelah melaksanakan penyisiran di laut dan darat selama tiga hari, dengan mengerahkan puluhan personel akhirnya kami menyatakan, menutup operasi SAR terhadap WNA yang dikabarkan hilang di Pantai Batu Bolong itu,” tutur Darmada, Selasa (21/7) malam.

Darmada menegaskan, WNA yang dikabarkan menghilang itu sudah ditemukan dalam keadaan selamat dan sudah beraktivitas secara normal. Namun WNA bersangkutan enggan dimintai keterangan oleh petugas perihal kronologi kejadian yang menimpanya hingga dirinya berhasil selamat dari maut. Meksi demikian, rekannya yang juga tinggal di kawasan Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, mengakui kalau WNA (Maelanie) yang digembar-gemborkan menghilang itu adalah rekannya.

“Rekannya yang mengkonfirmasi keberadaan Maelanie, menyatakan yang bersangkutan dalam kondisi baik. Rekannya ini tidak sengaja melihat berita terkait pencarian WNA hilang. Nah, kebetulan Maelanie ini sempat bercerita terkait kejadian yang menimpanya kepada rekannya itu. Makanya langsung dilaporkan ke petugas,” ungkap Darmada.

Keberadaan Maelanie ini juga dikuatkan dengan keterangan saksi mata bernama Leon, warga negara Rusia. Saat kejadian saksi berusaha menolong menggunakan papan surfing, tapi Maelanie terhempas ombak dan menghilang. Kemudian, saksi menunggu di bibir pantai. Nah, karena wanita itu tidak kunjung sampai di bibir pantai, saksi melaporkan kejadian itu ke petugas Balaswita yang kemudian meneruskan laporan ke Basarnas.

“Memang dipastikan WNA yang dikabarkan hilang itu si Maelanie ini. Keterangan rekannya dan keterangan saksi itu sama. Namun kami tidak bisa konfirmasi langsung kepada yang bersangkutan, karena sampai saat ini target enggan dimintai keterangan,” ujar Darmada.

Sebelumnya diberitakan, seorang WNA yang belum diketahui identitasnya dilaporkan digulung ombak dan menghilang saat berenang di Pantai Batu Bolong tepatnya di depan Restoran The Lawn, Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Badung pada Jumat (17/7) malam. Salah seorang saksi asal Rusia bernama Leon yang sedang bermain surfing, sempat melihat WNA itu berenang sekitar 200 meter dari posisi saksi. Kemudian, saksi menghampiri dan berusaha memberikan pertolongan dan mengevakuasi WNA itu ke bibir pantai dengan memegang tali papan surfing. Namun, saat menuju pantai, tiba- tiba gelombang tinggi menghempas korban dan menghilang. Nah, saksi sempat melakukan pencarian, namun tidak menemukan keberadaan korban. Atas kejadian itu, korban melaporkan ke petugas pantai dan meneruskan ke Basarnas. Atas laporan itu, petugas Basarnas melakukan pencarian mulai dari titik tenggelam hingga radius 4 kilometer. Bahkan, petugas juga melakukan penelusuran sepanjang pantai tersebut, namun tidak membuahkan hasil. *dar

Komentar