nusabali

Cari Layangan Putus, Warga Temukan Tengkorak Manusia di Tukad Ayung

  • www.nusabali.com-cari-layangan-putus-warga-temukan-tengkorak-manusia-di-tukad-ayung

MANGUPURA, NusaBali
Tengkorak manusia ditemukan di pinggir Tukad Ayung, Banjar Parekan, Desa Sibanggede, Kecamatan Abiansemal, Badung, Sabtu (4/7).

Tengkorak yang belum diketahui identitasnya itu pertama kali ditemukan oleh I Wayan Wardana, 47, dan I Wayan Dana, 50, warga Banjar Pane, Desa Sibanggede, saat keduanya mencari layang-layang di pinggir sungai tersebut.

Kasubbag Humas Polres Badung Iptu I Ketut Gede Oka Bawa dikonfirmasi pada Sabtu malam, mengatakan tengkorak itu ditemukan sekitar pukul 10.00 Wita. Namun tengkorak itu baru dievakuasi pukul 15.00 Wita. Jajaran Polsek Abiansemal yang datang ke lokasi tidak menemukan identitas apapun terkait tengkorak tersebut. Selain itu kondisi tengkorak itu berupa tulang yang masih utuh.

Iptu Oka Bawa mengisahkan berdasarkan keterangan saksi-saksi di lokasi, sekitar pukul 10.00 Wita, Wayan Wardana dan Wayan Dana ke sungai itu mencari layang-layang yang putus. Saat Wayan Wardana mencari layangan di tegalan milik Wayan Toko, 55, dia melihat benda seperti tengkorak manusia di pinggir sungai. Karena curiga Wayan Wardana mendekatinya untuk memastikan. Ternyata benar, benda itu adalah tengkorak manusia.

Karena ketakutan Wayan Wardana melaporkan temuannya kepada Wayan Dana. Menerima informasi itu Wayan Dana mengajak pulang ke rumah untuk menenangkan diri. Karena terus dibayang-bayangi temuan tengkorak tersebut, akhirnya pada Sabtu siang mereka melaporkan temuan itu kepada Kelian Banjar Pane I Made Netra.

“Menerima laporan itu, kelian adat bersama kedua saksi kembali ke lokasi tempat tengkorak itu ditemukan. Ternyata memang benar. Tengkorak itu berupa bagian rahang atas yang masih ada beberapa gigi. Selanjutnya temuan itu dilaporkan ke Polsek Abiansemal,” beber Iptu Oka Bawa.

Menerima laporan temuan itu jajaran Polsek Abiansemal mendatangi lokasi. Polisi yang datang langsung melakukan pencarian identitas tengkorak tersebut. Namun tidak ditemukan jejak apapun. Selanjutnya tengkorak tersebut dievakuasi ke RSD Mangusada, Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi, Badung.

“Belum ditemukan identitas apapun. Tidak ada jejak petunjuk di lokasi kejadian. Selain itu belum diketahui jenis kelamin tengkorak itu. Pihak Polsek Abiansemal masih melakukan penyelidikan. Selain itu berkoordinasi dengan pihak RSD Mangusada untuk mengetahui identitas tengkorak tersebut,” tandas Iptu Oka Bawa.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan RSD Mangusada Kabupaten Badung dr I Made Nurija, membenarkan menerima penitipan kerangka manusia dari Polsek Abiansemal. “Betul, sekitar pukul 16.00 Wita tiba di rumah sakit. Sekarang kerangka berada di Kamar Jenazah,” kata dr Nurija.

Disinggung apakah sudah dilakukan pemeriksaan, dr Nurija menyatakan belum dilakukan. “Belum, baru dititipkan saja, belum tahu langkah selanjutnya,” tandasnya. *pol, asa

loading...

Komentar