nusabali

PPDB Jenjang SMP Jalur Zonasi di Sekolah Favorit Melebihi Kuota

  • www.nusabali.com-ppdb-jenjang-smp-jalur-zonasi-di-sekolah-favorit-melebihi-kuota

TABANAN, NusaBali
Penerima peserta didik baru (PPDB) jenjang SMP di Kabupaten Tabanan masih berproses di jalur zonasi.

Khusus di sekolah yang masih dianggap favorit, pendaftar melebihi dari kuota. Sementara sejumlah sekolah swasta dan negeri masih kekurangan siswa.

Pendaftaran jalur zonasi yang melebihi kuota terjadi di SMPN 1 Tabanan. Dari jatah jalur zonasi 234 siswa, sementara pendaftar mencapai 339 orang. Jumlah 339 orang ini yang sudah selesai diverifikasi. “Pengumuman pada 7 Juli 2020,” ungkap Kepala SMPN 1 Tabanan I Wayan Widastra.

SMPN 1 Tabanan menerima siswa sebanyak 11 rombel dengan masing-masing rombel 32 orang.  Kemudian pendaftar jalur zonasi di SMPN 2 Tabanan juga melebihi kuota. Pendaftar yang masuk mencapai 228 orang. Padahal kuota jalur zonasi hanya 144 orang. Dari jumlah pendaftar 228 tersebut sudah diverifikasi sebanyak 227 orang.

“Ada yang tidak lolos verifikasi tetapi masih ada kesempatan untuk melengkapi berkas,” ujar Kepala SMPN 2 Tabanan I Gede Darmika. SMPN 2 Tabanan menerima siswa sesuai daya tampung berjumlah 288 orang atau hanya 9 rombel, dengan isi masing-masing rombel 32 orang.

Sementara di SMPN 6 Tabanan jumlah pendaftar masih jauh dari kuota. Sekolah baru yang dibuka untuk menampung tercecernya lulusan SD di Kecamatan Tabanan itu masih kekurangan sekitar 49 orang calon siswa, dari kuota 192 orang. “Untuk saat ini kita kurang lagi 49 orang,” ujar Kepala SMPN 6 Tabanan Ketut Sedana.

Dikatakannya, jumlah siswa yang sudah tertampung di SMPN 6 Tabanan sementara ini sebanyak 143 orang. Rinciannya yang diterima di jalur prestasi 3 orang, di jalur afirmasi 10 orang, di jalur perpindahan orangtua 1 orang, dan di jalur zonasi 129 orang. “Yang jalur zonasi sudah memenuhi kuota malah lebih, tetapi yang jalur prestasi, afirmasi, dan perpindahan orangtua yang kurang,” kata Ketut Sedana.

Hal serupa juga dialami oleh SMP Saraswati Tabanan. Hingga selesai pendaftaran jalur zonasi, baru 4 siswa yang mendaftar. Namun pihak sekolah tetap menunggu, lantaran masih ada perankingan jalur zonasi di sekolah negeri sampai 13 Juli mendatang. “Baru empat siswa,” ujar Kepala SMP Saraswati Ayu Arya Semerthi. SMP Saraswati siap menerima siswa 10 rombel dengan isian masing-masing 32 orang. Sehingga total yang diterima 320 orang.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Nyoman Putra menyebutkan dia menjamin seluruh siswa mendapatkan sekolah. Bahkan sekolah yang belum mendapatkan siswa pasti dapat siswa sesuai dengan daya tampung yang dimiliki. “Ini kan masih proses verifikasi, pengumuman belum,” tandasnya. *des

loading...

Komentar