nusabali

Porprov Mundur, PBVSI Badung Cemaskan Regulasi Umur

  • www.nusabali.com-porprov-mundur-pbvsi-badung-cemaskan-regulasi-umur

MANGUPURA, NusaBali
Pengkab PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) Kabupaten Badung ketar-ketir dengan ditundanya Porpov Bali XV, dari tahun 2021 menjadi 2022.

Pasalnya Badung sudah memiliki tim bayangan dengan jumlah 15 atlet selepas Porprov XIV di Tabanan pada 2019 silam. “Kami langsung bentuk tim bayangan berjumlah 15 atlet dengan memproyeksikan usianya tak melebihi 22 tahun jika Porprov diselenggarakan tahun 2021,” kata Ketua Umum Pengkab PBVSI Badung, Anak Agung Kusimantara, Selasa (16/6).

Alhasil rencana yang sudah disiapkan matang ini berantakan jika Porprov mundur setahun penuh. Pasalnya jika regulasi usia 22 tahun tak diubah niscaya separo anggota tim bayangan tim voli Badung bisa tereliminasi. “Ada 7 hingga 8 pemain yang terancam, padahal mereka semuanya sudah kami siapkan jauh hari,” kata Kusimantara.

Pembina voli yang juga seorang jaksa di NTB ini juga sudah memboyong tim binaannya try out di Mataram dan menjadi juara dalam sebuah turnamen di NTB tersebut. "Sebenarnya kami sudah bersiap sejak dulu. Kasihan jadi atletnya ada terganjal faktor usia akibat Porprov diundur," tandas Kusimantara.

Ditegaskan, Porprov Bali yang awalnya dilaksanakan 2021, dan akhirnya mundur setahun penuh, bukan semata alasan tidak siapnya tuan rumah Badung, melainkan karena pandemi Covid-19. Permasalahan yang muncul akibat Porprov diundur, disebutnya juga berimbas pada cabor lainnya. Apalagi, Proprov Bali mengacu pada PON. “Jadi, ada semacam kekhawatiran cabor, apabila Porprov 2022 tetap dilaksanakan. Bisa saja cabor akan sekadar mengirimkan atletnya. Hal itu karena atlet yang sudah dibina dan diberikan arahan latihan mandiri di rumah masing-masing pada akhirnya justru tidak bisa tampil kembali di ajang Porprov. Hal ini akibat batasan umur. "Bagaimana kalau terjadi seperti itu. Terganjal batasan umur. Dan, perlu diingat kita tidak mencari kuantitas tetapi kualitas demi olahraga di Bali," papar Kusimantara.

Sebelumnya KONI Bali sudah mengajukan jadwal Porprov XV ke Gubernur Bali 9-16 September 2022. Dengan demikian, akan banyak atlet terkendala umur akibat gelaran multi event dua tahunan ditunda selama setahun penuh dari jadwal semula Porprov seharusnya digelar di tahun 2021.  "Pada intinya kami sangat  menyayangkan pelaksanaan ditunda di tahun 2022, padahal sejatinya Badung selaku tuan rumah sudah siap Porprov digelar di tahun 2021," pungkas  Kusimantara. *dek

Komentar