nusabali

Dua PMI Karangasem dan 1 PMI Bangli Positif Covid-19

  • www.nusabali.com-dua-pmi-karangasem-dan-1-pmi-bangli-positif-covid-19

Dipastikan, kedua PMI asal Karangasem itu belum pernah kontak dengan masyarakat luar sehingga tidak perlu melakukan penelusuran.

AMLAPURA, NusaBali

Dua pekerja migran Indonesia (PMI) yang tengah menjalani karantina di salah satu hotel di Objek Wisata Candidasa, Banjar Karanganyar, Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Karangasem, terkonfirmasi positif Covid-19. Kedua PMI ini dijemput menggunakan ambulans, Senin (8/6) sekitar pukul 14.20 Wita. Selanjutnya diantar ke Balai Diklat BPK BLK Perwakilan Provinsi Bali di Desa Pering, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

Satgas Koordinator Bidang Kesehatan Penanggulangan Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, mengatakan kedua PMI itu dari Kecamatan Sidemen dan Kecamatan Kubu. Keduanya laki-laki berumur 36 tahun. Keduanya menjalani tes swab setiba di Denpasar, Jumat (5/6). Selanjutnya menjalani karantina di Karangasem. Hasil tes swab PCR baru keluar Senin kemarin. Dipastikan, kedua PMI tersebut belum pernah kontak dengan masyarakat luar sehingga tidak perlu melakukan penelusuran. Nantinya petugas melakukan rapid test terhadap PMI yang menjalani karantina di tempat PMI terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut.

Jika hasil rapid test reaktif, maka dilanjutkan tes swab PCR. Jika hasilnya non reaktif maka PMI bisa dipulangkan setelah menjalani 14 hari karantina. Dengan adanya penambahan 2 pasien positif Covid-19, maka akumulasi terkonfirmasi positif Covid-19 di Karangasem sebanyak 27 pasien. Dinyatakan sembuh sebanyak 21 pasien. Maka yang masih menjalani perawatan sebanyak 6 pasien. Keenam pasien itu dua di antaranya dari Kecamatan Karangasem, 1 dari Kecamatan Rendang, 1 warga Kecamatan Kubu, 1 warga Kecamatan Manggis, dan 1 warga Kecamatan Sidemen.

Sedangkan Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangli, I Wayan Dirgayusa, mengatakan ada satu penambahan kasus positif Covid-19 di Bangli. Seorang PMI yang menjalani karantina terpadu di hotel kawasan Badung dinyatakan positif berdasarkan hasil tes swab, Minggu (7/6) malam. PMI asal Kecamatan Susut ini kini dirawat di Balai Diklat BPK Perwakilan Provinsi Bali di Desa Pering, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar.

Wayan Dirgayusa mengatakan, PMI ini pulang ke Bali sekitar 8 hari lalu, termasuk orang tanpa gejala (OPD). Dengan adanya penambahan satu kasus, total kasus positif Covid-19 di Bangli sebanyak 98 kasus. Dari jumlah tersebut, sembuh sebanyak 81 orang, dalam perawatan sebanyak 17 orang. Warga diimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Jika tidak ada keperluan mendesak agar tetap tinggal di rumah. *k16, esa

Komentar