nusabali

Target 85 Cruise Sandar Gagal

  • www.nusabali.com-target-85-cruise-sandar-gagal

Pelabuhan tetap beroperasi seperti biasa, kapal barang juga tetap beroperasi. Namun tidak ada cruise atau kapal pesiar. Sampai Maret sudah ada 15 kapal cruise yang membatalkan sandar.

DENPASAR,NusaBali
Rencana 85 kapal pesiar atau cruise sandar ke Pelabuhan Benoa tahun 2020 kemungkinan besar gagal atau sulit terwujud. Penyebabnya pandemic virus corona atau COVID-19, sehingga banyak kapal pesiar yang membatalkan rencana merapat di Pelabuhan Benoa, Bali. General Manajer (GM) Pelabuhan Benoa I Wayan Eka Saputra, pun tidak menampik kemungkinan tersebut.

“Karena memang kondisinya seperti ini (ancaman pandemic corona),” ujar Selasa (31/3).  Eka Saputra juga membenarkan adanya banyak kapal pesiar atau cruise yang kansel sandar, karena pandemic virus corona. Namun, kata Eka Saputra, masih ada berapa kapal pesiar yang tetap sandar.

“Pelabuhan tetap beroperasi seperti biasa, kapal barang juga tetap (beroperasi). Namun tidak ada cruise atau kapal pesiar,” kata pria asal Bangli ini, dengan tidak menyebut detil tentang kondisi operasional Pelabuhan Benoa, setelah ancaman wabah virus corona.  

Menurut Eka Saputra, Pelabuhan Benoa tetap beroperasi normal seperti biasa. Demikian juga kapal barang dan penumpang. Namun semuanya dengan pemeriksaan dan pengecekan yang ketat, sesuai standar pemeriksaan penanganan COVID -19.

Sebelumnya  Kepala Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Benoa Agustinus Maun, juga menyampaikan hal senada. “Sampai Maret ini sudah ada 15 kapal cruise yang membatalkan kunjungannya ke Bali,”  ujar Agustinus Maun, Sabtu (8/3).

Dalam kondisi normal, sebelum ada wabah virus corona, kata Agustinus Maun, ada 85 kapal cruise yang berencana merapat ke Pelabuhan Benoa. Jumlah 85 kapal cruise itu mengalami peningkatan dari kunjungan kapal pesiar ke Pelabuhan Benoa pada 2019, yang berjumlah 69 cruise.

“Artinya akibat wabah virus corona ini berdampak pada penurunan kunjungan (kedatangan) kapal pesiar ke Bali,” kata Agustinus Maun.

Sebelumnya kapal pesiar terakhir yang merapat di Pelabuhan Benoa adalah Kapal Pesiar Viking Sun berbendera Norwegia dengan 738 penumpang.  Pelabuhan Benoa menjadi salah satu pintu masuk wisatawan yang berwisata ke Bali. Termasuk wisatawan yang datang dengan kapal pesiar Viking Sun. K17.

Komentar