nusabali

Booster Dua Sasar Rutan Negara

  • www.nusabali.com-booster-dua-sasar-rutan-negara

NEGARA, NusaBali
Seiring dimulainya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis empat atau booster dua untuk masyarakat umum, digelar kegiatan vaksinasi Covid-19 di Rutan Kelas IIB Negara, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana, Kamis (26/1).

Dalam vaksinasi yang diadakan jajaran Puskesmas 1 Negara bersama Yayasan IDEP, itu ada 163 orang yang divaksin. Salah satu perawat di Rutan Negara Juli Tresna mengatakan, kegiatan vaksinasi Covid-19 ini merupakan vaksinasi yang kesekian kalinya di Rutan Negara.

Sejatinya, ada 180 orang di Rutan Negara, terdiri dari 144 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP), 29 orang petugas Pemasyarakatan, serta 7 orang Dharma Wanita Persatuan (DWP), yang diusulkan mengikuti vaksinasi booster kedua, Kamis lalu.

Namun dari sejumlah WBP itu, Juli Tresna mengaku, masih ada sejumlah warga binaan yang belum pernah vaksin sama sekali karena mereka merupakan narapidana baru. Di samping itu, ada sejumlah calon peserta yang tidak divaksin karena sakit dan ada yang belum waktunya mendapat vaksin booster. "Total 163 orang peserta yang berhasil menerima vaksin. Rinciannya 130 orang WBP yang divaksin (2 orang ditunda karena sakit dan 13 orang belum waktunya untuk mendapatkan vaksin), 26 orang pegawai (3 orang pegawai ditunda karena sakit) dan 7 orang DWP," ucapnya.

Dari 163 orang yang berhasil divaksin itu, ada 4 orang yang baru mendapatkan dosis pertama. Kemudian 3 orang mendapat dosis kedua, 12 orang dosis ketiga atau booster satu, dan 144 orang yang divaksin dosis keempat atau booster dua. Untuk vaksin yang diberikan dalam vaksiansi itu seluruhnya jenis Pfizer.

Sementara Rutan Negara Lilik Subagiyono mengatakan, vaksinasi Covid-19 ini merupakan salah satu bentuk pemenuhan hak-hak WBP. Khususnya hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Pihaknya pun berterima kasih kepada pihak yang telah melaksanakan vaksinasi di Rutan Negara ini. "Kami harap program-program positif seperti ini dapat terus berlanjut. Khususnya bagi warga binaan,” ujar Lilik. *ode

Komentar