nusabali

Marquez Rider Honda Tersukses

Rossi Terbaik Yamaha di MotoGP Australia (sub judul)

  • www.nusabali.com-marquez-rider-honda-tersukses

Marc Marquez membukukan rekor usai memenangi MotoGP Australia.

PHILLIP ISLAND, NusaBali

Marquez jadi pebalap Honda paling sukses, melewati rekor Mick Doohan.  Marquez memetik kemenangan dengan dramatis pada balapan di Phillip Island, Minggu (27/10) siang WITA. Marquez melewati Maverick Vinales di lap terakhir, hingga menjadi yang tercepat dalam 27 lap dengan cayayan waktu 40 menit 43,729 detik.

Kini Marquez membukukan 55 kemenangan bersama Honda di MotoGP. Dia lebih banyak satu kemenangan dibandingkan Doohan (54 kemenangan). Dari 17 balapan, Marquez naik podium 16 kali, dan sekali crash, dimana 11 diantaranya juara  dan lima kali runner-up. Selama di MotoGP, Marquez 125 kali start dan meraih 93 podium.

Menurut Marquez, kemenangan itu tidak lepas karena sejumlah manuver krusial yang dilakukan. Dia menunggu hingga lap terakhir untuk menyalip pimpinan lomba, Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) di lintasan lurus utama trek.

Namun sial, Vinales yang berusaha meraih kembali posisinya justru terjatuh menjelang finis dan gagal mengulangi kejayaannya di GP Australia tahun lalu.

"Hari ini pebalap tercepat di trek adalah Maverick... aku tahu sebelum lomba jika 5-6 lap awal adalah krusial, dia sangat menekan dengan waktu dibawah 1,29. Itu adalah waktuku di kualifikasi," kata Marquez di laman resmi MotoGP.

"Tapi saya mampu membuntutinya, terus melaju menekan dan saya mulai 'memasak' pelan-pelan. Memasak kemenangan, mencoba menganalisa, memeriksa keadaan ban. Saya sebenarnya tak yakin 100 persen karena Maverick sangat-sangat cepat,”kata Marquez.

Marquez hanya memiliki kesempatan menyalip rival senegaranya itu di lintasan lurus utama. Pasalnya Vinales mendominasi tiga sesi latihan bebas dan peraih pole position itu sangat cepat di sektor 2 dan 3.

Marquez juga melakukan manuver penting lain ketika di lap ke-10, segera setelah Vinales, menyalip pimpinan lomba kala itu, Cal Crutchlow (LCR Honda).

Sementara Valentino Rossi gagal merayakan balapan ke-400 dengan raihan podium. Meski finis ke-8, The Doctor masih rider terbaik Yamaha.  Sebab kesialan menimpa rekan setim Rossi, Maverick Vinales.

Rider Yamaha lainnya, Fabio Quartararo, juga menyudahi balapan usai dihantam Danilo Petrucci, hingga terjatuh. Rider Yamaha lainnya, Franco Mobidelli, finis di urutan ke-11.

Di klasemen umum pebalap, Rossi masih di urutan ketujuh dengan 153 poin. Dia berjarak 10 angka dari Quartararo di peringkat keenam dan 23 poin dari Vinales urutan keempat. *ant

Komentar