nusabali

Diduga Korsleting Listrik, Garase dan Honda Jazz Hangus

  • www.nusabali.com-diduga-korsleting-listrik-garase-dan-honda-jazz-hangus

Satu unit mobil Honda Jazz terbakar saat parkir di dalam garase di Jalan Pararaton II, Banjar Abianbase, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung pada Kamis (4/7) pagi.

MANGUPURA, NusaBali

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, namun dugaan awal lantaran hubungan pendek arus listrik (korsleting). Akibat kejadian itu, pemilik mobil yang diketahui bernama Megawati Agustini, 28, mengalami kerugian mencapai sekitar Rp 100 juta.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung I Wayan Wirya, mengungkapkan kebakaran garase yang menghanguskan satu unit mobil yang sedang parkir itu diketahui pihaknya pada sekitar pukul 09.57 Wita. Sehingga, tim pemadam Kabupaten Badung langsung mengerahkan 4 unit mobil kebakaran ke lokasi. Namun setibanya di lokasi, garase dan mobil Honda Jazz dengan nomor polisi F 1756 SM itu sudah hangus. Tim melakukan penjinakan api agar tidak merembet ke bangunan serta mobil lainnya yang sedang parkir di seputaran lokasi.

“Kalau kejadian awal api sekitar pukul 09.30 Wita. Laporan baru masuk sekitar 25 menit kemudian. Nah saat tiba di lokasi sekitar pukul 10.10 Wita, kondisi bangunan garase sudah terbakar dan isinya juga ikut dilalap api,” kata Wirya.

Diakui Wirya, lokasi kejadian dengan jalan utama lumayan jauh. Meski demikian, pihaknya berhasil menggunakan peralatan yang mumpuni. Sehingga bisa menangani kobaran api 30 menit kemudian. Setelah itu, pihaknya bersama petugas kepolisian melakukan pendalaman perihal penyebab dan mendata kerugian akibat kejadian itu. Hasil pendataan, kerugian akibat garase dan mobil Honda Jazz yang terbakar diperkirakan mencapai Rp 130.000.000. “Dugaan awal karena korsleting listrik. Tapi, kita serahkan hasil penyelidikan resminya di kepolisian. Kalau korban jiwa tidak ada. Hanya kerugian materi saja,” tuturnya.

Sementara, Kanit Reskrim Polsek Kuta Iptu I Putu Ika Prabawa mengaku pasca kebakaran, petugas Labfor langsung melakukan pendataan di lokasi untuk mencari tahu penyebab kebakaran. Pun dengan kerugian akibat kebakaran. Dugaan awal, kebakaran dipicu oleh hubungan pendek arus listrik. “Kalau penyebab diduga korsleting listrik. Kebakaran itu cepat diketahui, sehingga bisa mengevakuasi beberapa mobil yang berada di sekitar lokasi,” ujarnya. *dar

Komentar