nusabali

Karyawan PDAM Menari Pendet

  • www.nusabali.com-karyawan-pdam-menari-pendet

Kepala unit dan kepala seksi PDAM Karangasem semuanya dari laki-laki berbadan gempal berani tampil menari Pendet di panggung hiburan HUT ke-379 Kota Amlapura, Taman Budaya Candra Buana, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Minggu (30/6) malam.

AMLAPURA, NusaBali

Sekitar 5.000 penonton memadati acara itu dibuat tertawa geli. Sebab tari yang dibawakan rata-rata lucu hingga gelung yang dikenakan di kepala ada terlepas.

Sebanyak 16 penari tampil, masing-masing delapan penari menjabat sebagai kepala unit dan 8 penari menjabat kepala seksi. Kesemuanya tidak pernah latihan dan mereka bukan berlatar belakang sebagai penari. Hanya mereka latihan sendiri-sendiri dengan cara menyimak video. Dua hari jelang pentas baru bahas komposisi. Setiba di Taman Budaya Candra Buana, mereka memantapkan posisi menari, buat formasi yang tampil di depan, tengah, dan belakang.

Mereka menari diiringi gamelan rekaman. Begitu muncul di panggung, penonton langsung tertawa. Sebab yang disaksikan penari dadakan dengan  tubuh rata-rata berotot besar. Dandanannya tidak mencerminkan penari wanita, walau pakaiannya wanita. Gerak tarinya tidak beraturan, ada yang tangannya dibentangkan ke kanan ada ke kiri. Penonton terbahak-bahak saat adegan penari menggoyangkan dada. Salah satu penari yang menjabat Kepala Unit PDAM Kecamatan Abang I Ketut Suta saking semangatnya hinhha gelung di kepala terlepas.

Penampilan penari dadakan itu dikoordinasikan Ketua Panitia HUT ke-43 PDAM, I Wayan Parsa dan Kepala Bagian Teknik Ida Bagus Sudirga. “Mereka tidak pernah latihan, hanya stel posisi dua hari jelang pentas. Mereka bukan penari. Idenya spontan, lelaki berhias wanita, ya tampilnya bisa beda,” kata Wayan Parsa. Salah seorang penari, Ketut Suta mengatakan, saking semangatnya hingga gelung di kepala lepas. “Kami tampil beda yang penting masyarakat terhibur karena lucu,” ungkapnya.

Direktur PDAM I Gusti Made Singarsi mengatakan, munculnya penari dadakan itu sebelumnya telah disepakati PDAM berniat mengisi acara hiburan di malam penutupan rangkaian HUT Kota Amlapura. Di samping itu, PDAM juga tengah merayakan HUT ke-43 yang puncaknya pada Sabtu (29/6). “Terpenting sebelum masuk panggung diperkenalkan oleh MC, ada penari dari PDAM. Nama PDAM itulah yang lebih penting lebih dikenal masyarakat yang selalu setia melayani masyarakat,” katanya. *k16

Komentar