nusabali

Pensiunan PNS Olah Sampah Plastik Jadi Tikar

  • www.nusabali.com-pensiunan-pns-olah-sampah-plastik-jadi-tikar

Masalah sampah plastik masih menjadi persoalan pelik di masyarakat.

SEMARAPURA, NusaBali
Namun di tangan orang trampil berbagai kerajinan bisa dihasilkan dari sampah plastik. Seperti dilakukan I Dewa Gede Lasia,60, asal Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Pensiunan PNS Disdikpora Klungkung 2016 ini, mampu menyulap sampah plastik menjadi tikar dan tas.

Dewa Lasia mengatakan, dirinya sudah dibekali keterampilan mengayam sejak kecil. Namun setelah pensiun, dia mulai mengolah sampah plastik menjadi benda yang bermanfaat. Sebagian besar sampah yang dikelola ini berbahan dari sampah plastik bekas pembungkus kopi, dan bungkus minuman suplemen. “Mengolah bahan cukup tersebut memang agak sulit, maka dalam kurun waktu lima bulan saya bisa menghasilkan sebuah tas dan tikar,” ujarnya, Kamis (2/6). Karyanya tersebut hanya dipakai untuk pribadi, jika memungkinkan dan berpeluang tentu akan dipasarkan.

Ide ini ada setelah dia mengamati sampah plastik kian menjadi persoalan di sejumlah daerah. Sehingga dari sana pria yang sudah memiliki empat cucu ini ingin membuat aneka kerajinan dengan menganyam sampah plastik tersebut. “Saya memang tidak berdiam diri, ada saja yang ingin saya kerjakan,” ungkapnya. 7 w

Komentar