nusabali

Lomba Sepeda Hias Meriahkan HUT Puputan

  • www.nusabali.com-lomba-sepeda-hias-meriahkan-hut-puputan

Semarak lomba sepeda hias meriahkan HUT Puputan Klungkung ke-108 dan HUT Kota Semarapura ke-24.

SEMARAPURA, NusaBali
Sedikitnya 200 peserta lomba mengambil start di depan Puri Agung Klungkung, Senin (2/5) pagi. Para peserta menghias sepedanya dengan berbagai bahan, mulai dari limbah plastik hingga ornamen ukiran.

Peserta lomba dari kalangan siswa SD, SMP, SMA/SMK, instansi terkait dan masyarakat. Peserta dilepas langsung oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dari depan Puri Agung Klungkung, sekitar pukul 08.00 Wita. Peserta menempuh rute sekitar 3 km, menuju Jalan Flamboyan - ke timur tembus di perempatan Desa Galiran dan finish di depan Catus Pata, Kota Semarapura, Klungkung.

Para peserta sangat antusias berlombaan, hingga ada peserta mempersiapkan sepeda sejak seminggu. Ada yang menggunakan kombinasi botol plastik, kardus, kain, atribut ukiran dan sebagainya, bahkan ada peserta yang mapayas agung bak Sang Putri. Hiasan sepeda berbagai bentuk, antara lain kereta kencana, singgasana, tank dan sebagainya. “Kegiatan ini mengambil tema Gema Santi (gerakan masyarakat santun dan inovatif),” ujar Asisten I Setda Klungkung, I Wayan Tika.

Kata dia, kriteria penilaian lomba ini berkonsep Gema Santi itu sendiri. Setiap peserta agar berinovasi dalam menciptakan kreativitas dan kesenian dari berbagai bahan. Titik poin penilaian ada pada inovasi, tidak menilai kecepatan tiba di finish. “Penilaian dilakukan sebelum start,” ujarnya.

Juara I diraih SMPN 2 Dawan dengan sepeda berbentuk Kereta Kencana, Juara II SDN 1 Semarapura Tengah dengan sepeda perahu dari bahan botol plastik dan Juara III diraih SDN 1 Kamasan berbentuk Perahu Dewa Ruci.

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menyampaikan rasa puas dan sangat mengapresiasi dengan penyelenggaraan lomba sepeda hias ini. Kedepan agar selalu ditingkatkan kreatifitas anak-anak muda dan bisa memberikan hal yang positif untuk Klungkung.

Salah seorang peserta sepeda hias, Komang Agus Pradnyana Samadi, perwakilan SDN 1 Semarapura Tengah, menghias sepeda dengan bentuk perahu dengan menggunakan botol bekas. “Saya buat hiasan ini empat hari,” ujarnya. w

Komentar