nusabali

Warga Tegak Berebut Air Bersih

  • www.nusabali.com-warga-tegak-berebut-air-bersih

Disengat terik matahari, warga nampak saling berdesakan untuk mendapatkan pasokan air.

SEMARAPURA, NusaBali
Bocornya jaringan PDAM Klungkung di wilayah Rendang, Karangasem, menyebabkan distribusi ke sejumlah desa tersendat. Salah satunya, warga di Desa Tegak, Kecamatan/Kabupaten Klungkung, sulit mendapatkan air sejak Sabtu (11/4). 

Untuk mengatasi kondisi ini, pihak BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan PDAM Klungkung melakukan suplai air bersih, Senin (11/4) siang. Pendistribusian air ini disambut antusias ratusan warga yang sudah mengantri dengan membawa jirigen, gallon, dan ember.

BPBD dan PDAM Klungkung turun untuk mendistribusikan air bersih ke Desa Tegak, Senin sekitar pukul 11.00 Wita, dengan masing-masing mengerahkan satu mobil tanki 5.000 liter. Meskipun disengat terik matahari, warga nampak saling berdesakan untuk mendapatkan pasokan air. “Air di sini sudah ngadat sejak dua hari lalu,” ujar Perbekel Desa Tegak I Ketut Sujana.

Disebutkan, Desa Tegak terdiri dari 5 Banjar, yakni Banjar Kauh, Banjar Kangin, Banjar Kelod Kangin, Banjar Tengah dan Banjar Tengah, dengan 1.000 KK. Dampak dari ngadatnya air PDAM, warga terpaksa mencari air ke beberapa sumber air di desa, berjarak sekitar 1 km. Itupun jalannya cukup terjal. Disisi lain, Telabah Cangkem di Desa Tegak mengalami kekeringan sejak empat bulan lalu, karena ada perbaikan di hulu. “Kalau air telabah mengalir, warga masih bisa melakukan MCK di sana (Telabah Cangkem),” jelas Perbekel Sujana.

Sementara itu, PDAM Klungkung melalui akun facebooknya, mengumumkan pada Senin pagi, ada gangguan pada pipa transmisi di Rendang, Karangasem karena kebocoran sejak Minggu (10/4) sore. Daerah yang terkena dampaknya yakni Desa Tegak, Desa Selat, Desa Selisihan dan sekitarnya. Untuk memberikan pasokan air bersih, satu unit mobil tanki PDAM Klungkung sudah dikerahkan ke sejumlah lokasi terdampak.

“Ini menjadi tanggung jawab kami untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Cok Rai, staf di PDAM Klungkung, ditemui saat mendistribusikan air bersih ke Desa Tegak. Hal ini juga dibenarkan oleh Direktur PDAM Klungkung I Nyoman Renin Suyasa. Kata dia, pihaknya tengah memperbaiki jaringan PDAM yang rusak. “Pipa transmisi diameter 14 inchi di Rendang mengalami kebocoran,” ujarnya.

Sekertaris BPBD Klungkung Dewa Gede Wisasta alias Dewa Bima ditemui disela-sela mendistribusikan air di Desa Tegak mengatakan, selain mendistribusikan air ke Desa Tegak, pada April 2016, BPBD mendistribusikan air bersih ke Bukit Tengah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung, Jumat (8/4). Distribusinya tiga kali dengan mobil tanki 5.000 liter. Krisis air di Bukit Tengah karena kekeringan. “Belakangan ini memang jarang turun hujan, jika ada yang mohon bantuan air kami siap membantu,” kata Dewa Bima. 7 w

Komentar