nusabali

UPTD PAM Provinsi Bali Bangun Beronjong di Sungai Penet Demi Optimalisasi Air Baku

  • www.nusabali.com-uptd-pam-provinsi-bali-bangun-beronjong-di-sungai-penet-demi-optimalisasi-air-baku

DENPASAR, NusaBali.com - UPTD PAM Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan (PUPRKIM) Provinsi Bali akan membangun beronjong di dekat mulut intake SPAM Penet dalam waktu dekat.

Proyek ini merupakan kolaborasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida untuk optimalisasi produksi air baku ke beberapa wilayah di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

Kepala UPTD PAM Dinas PUPRKIM Provinsi Bali, Ida Bagus Surya, menjelaskan bahwa proyek ini sudah dirancang sejak lama untuk menghindari kerusakan pada mulut Intake akibat tekanan air yang besar saat musim hujan.

"Saat musim hujan, bendungan karet di sisi utara mulut intake kempes, dan aliran air sungai yang besar akan datang secara tiba-tiba. Ini berbahaya bagi sistem kerja intake SPAM," kata IB Surya, Senin (26/2/2024).

Pembangunan beronjong dari arah barat ke timur sungai Penet ini dimaksudkan untuk memecah aliran air sungai.

"Tinggi beronjong belum bisa kami sampaikan, itu wewenang BWS. Panjangnya setengah dari lebar sungai Penet," jelas IB Surya.

Rencana pembangunan beronjong ini tertunda karena agenda seperti Pemilu dan Hari Raya keagamaan.

"Proyek ini diharapkan dapat mulai dikerjakan sesuai target waktu perencanaan. Dengan dibangunnya beronjong ini, kerusakan pada mulut Intake dapat diminimalisir dan produksi air baku pun dapat berjalan stabil," harap IB Surya.

IB Surya menambahkan, UPTD PAM hanya membantu koordinasi agar proyek pembangunan beronjong ini sesuai target optimalisasi produksi SPAM.

"Pengerjaan teknis di lapangan akan ditangani langsung oleh BWS Bali-Penida," terangnya.

Pembangunan beronjong di sungai Penet merupakan langkah penting untuk optimalisasi produksi air baku di musim hujan.

Diharapkan proyek ini dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. *ol4

Komentar