nusabali

HUT RI, Nyanyikan Indonesia Raya 1 Stanza

  • www.nusabali.com-hut-ri-nyanyikan-indonesia-raya-1-stanza

Sekolah wajib nyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza saat upacara bendera.

AMLAPURA, NusaBali

Namun pada puncak HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia tetap menyanyikan lagu Indonesia Raya 1 stanza. Pembina Paskibraka Karangasem, Pelda I Ketut Ngenteg dan Peltu I Nyoman Swita, mengatakan belum ada pemberitahuan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza pada HUT RI. Pengibaran bendera diiringi lagu Indonesia Raya dari korp musik Satpol PP.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, mengakui untuk upacara besar nasional seperti HUT RI masih menyanyikan lagu Indonesia Raya, 1 stanza. “Lagu Indonesia Raya 3 stanza wajib untuk siswa di sekolah-sekolah,” ungkap Gusti Kartika, Selasa (31/7). Ditambahkan, untuk di SD setiap Senin apel bendera telah menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza. “Nanti meningkat ke tingkat SMP dan SMA, terakhir di perayaan nasional yang diikuti beragam siswa dan ASN,” katanya.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza hanya menambah lagu 2 stanza dengan durasi 3,5 menit. Di mana stanza pertama adalah pembukaan, inti dari pesan-pesan perjuangan kepahlawanan ada di stanza kedua dan stanza terakhir penutup. Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikpora Karangasem, I Wayan Sarya, menambahkan semangat yang tertuang di lagu Indonesia Raya sesuai amanat Permendikbud No 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. *k16

Komentar