nusabali

Inkai Bali Incar Tiga Besar

  • www.nusabali.com-inkai-bali-incar-tiga-besar

Dari tujuh kategori yang dipertandingkan, secara umum ada harapan bagi Bali meraih medali. Sebab, atlet peserta tidak ada yang terlalu menonjol dan kekuatan berimbang.

DENPASAR, NusaBali

Tim Inkai Bali bertekad all out untuk mengamankan posisi tiga besar dalam Kejurnas Karate Inkai, di Banjarmasin, 27-39 Juli. Target itu ditetapkan berkaca pada prestasi Inkai Bali pada 2017, yang berhasil menembus papan atas Kejurnas Inkai.

"Dari arahan Ketua Umum Inkai Bali, I Gusti Bagus Alit Putra pada pelepasan tim Inkai Bali, Bali diharapkan menembus posisi tiga besar dari seluruh provinsi di Indonesia," ungkap Sekum Inkai Bali Gede Kusuma Jaya di Denpasar, Senin (23/7).

Pada Kejurnas Inkai 2018 ada banyak kategori yang dipertandingkan. Mulai dari kategori usia dini, pemula, pra pemula, kadet, junior, U-21 dan kategori senior. Dari semua itu diakui oleh Kusuma Jaya, bahwa setiap kategori yang dipertandingkan selalu ada peluang untuk meraih medali.

"Peluang untuk Bali merata di setiap kategori yang diikuti. Jadi peluang meraih medali juga merata," ungkap manajer tim, Nyoman Sumayasa. Menurut Sumayasa, dari tujuh kategori yang dipertandingkan, secara umum memang ada harapan Bali meraih medali. Sebab, para atlet peserta tidak ada yang terlalu menonjol dan kekuatan berimbang. Demikian juga atlet Inkai Bali tetap memiliki kemampuan bersaing.

Rival karateka Bali, menurut Sumayasa, sama dengan gelaran tahun sebelumnya. Persaingan sengit akan datang dari Inkai asal Jawa, terutama Inkai DKI Jakarta dan Inkai Jawa Timur.  "Mudah-mudahan bisa masuk tiga besar, dan sesuai target awal membidik sekitar enam medali emas," terang Sumayasa.

Namun, kata Sumayasa, kontribusi medali sangat mempengaruhi klasemen akhir dari tujuh kategori secara umum itu. Sebab, dihitung secara akumulatif total memperebutkan 50 kelas atau 50 medali emas. Makanya jumlah sebaran medali sangat mempengaruhi posisi Inkai Bali meraih tiga besar.

Menurut Sumayasa, jumlah atlet Bali yang tampil di Kejurnas sebanyak 52 atlet, ditambah pelatih dan oficial 11 orang dan orangtua atlet 12 orang ikut bergabung seluruhnya tim Inkai Bali 75 orang. Rencananya berangkat ke Banjarmasin Rabu (25/7) dan balik ke Bali Senin (30/7). Sebab, pertandingan baru mulai Jumat (27/7) - Minggu (29/7).

"Untuk persiapan tim atlet kami sudah melaksanakan TC Sentraliasi selama 12 hari di GOR Lila Bhuana Denpasar. Dan, anak-anak sudah siap untuk ikut Kejurnas," kata Sumayasa. *dek

Komentar