nusabali

Southgate Anggap Kebugaran Terpenting

  • www.nusabali.com-southgate-anggap-kebugaran-terpenting

Gareth Southgate membela keputusannya merotasi pemain saat Inggris dikalahkan Belgia.

KALININGRAD, NusaBali
Southgate membuat delapan perubahan pada susunan pemainnya. Ia tak mau membahayakan para pilar Inggris saat tampil di 16 besar Piala Dunia 2018.

Karena itu, Inggris turun dengan pemain pelapis saat menghadapi Belgia di laga terakhir Grup G di Kaliningrad Stadium, Jumat (29/6) dinihari WITA. Sebagian besar pemain inti Inggris diistirahatkan. Tidak ada Harry Kane, Dele Alli, Jesse Lingard, atau Jordan Henderson di starting eleven Inggris.

Kane, yang sejauh ini jadi top skorer dengan lima gol, bahkan sama sekali tak dimainkan kendati Inggris dalam posisi tertinggal. Pada akhirnya, The Three Lions kalah 0-1 dari Belgia dan finis runner-up. Inggris selanjutnya akan menghadapi Kolombia di babak 16 besar.

Southgate pun menjelaskan keputusannya untuk merotasi pemain saat melawan Belgia. Baginya, memasuki fase knockout tanpa pemain cedera lebih penting.

"Orang-orang akan bilang itu keputusan tepat kalau kami menang, tapi itu keputusan tepat karena kami bisa saja menjalani pertandingan sampai perpanjangan waktu dan membahayakan pemain yang tak perlu kami bahayakan," ujar Southgate, dikutip ESPN.

"Kami tidak suka kalah dan tidak mau kalah, tapi kami meraih target utama. Jika memasukkan Harry selama 10 menit dan seseorang menerjang pergelangan kakinya, itu akan konyol. Laga fase gugur itu yang penting," kata Southgate.

Southgate pun mengaku sepenuhnya nyaman dengan keputusannya. Kadang kala, katanya, memang harus membuat keputusan untuk perspektif yang lebih besar. *

Komentar