nusabali

Menpan RB Dorong MPP Layani Paspor

  • www.nusabali.com-menpan-rb-dorong-mpp-layani-paspor

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur, membuka operasional Mal Pelayanan Publik (MPP) di Gedung UKM Center Jalan Gajah Mada Amlapura, Jumat (22/6).

AMLAPURA, NusaBali
Asman Abdur berjanji berkoordinasi dengan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia agar MPP Karangasem bisa menyediakan layanan membuat paspor. Sebab masyarakat Karangasem mengurus paspor ke Singaraja yang jarak tempuhnya cukup jauh.

Menpan RB, Asman Abunur, mengatakan dengan adanya pelayanan pembuatan paspor di MPP maka biaya bisa ditekan dan pelayanan terpadu semakin optimal. Warga yang belum memiliki paspor dan belum didukung persyaratan administrasi bisa dilakukan di MPP, diawali mengurus kelakuan baik, e-KTP, dan syarat lainnya hingga paspor itu bisa terbit. “Mengurus paspor di MPP, biaya bisa hemat. Kami ingatkan juga agar ASN jangan mempersulit pelayanan, mesti mempermudah sepanjang persyaratannya lengkap,” pinta Asman Abnur.

ASN agar membuat sistem pelayanan mudah dan masyarakat jadi senang. Jika rata-rata masyarakatnya senang, itu cerminan pemimpinnya berhasil mengelola pemerintahan. Menteri Asman Abnur juga mengingatkan ASN yang bertugas mesti profesional dan terus melakukan inovasi sehingga terus terjadi perubahan ke hal yang lebih baik. “Kurangi studi banding, selama ini hasilnya hanya oleh-oleh saja. Gunakan anggaran yang bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Agar kerja ASN professional, sejak awal Kemenpan RB merancang merekrut CPNS yang sesuai potensi daerah, direkrut sesuai kompetensinya. “Guna mencegah terjadinya pungli dan korupsi, mari kita benahi memulai dari perekrutan CPNS,” katanya. Menteri Asman Abnur setuju atas pernyataan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dengan misi pemerintahan yang bersih dan bermartabat, bebas dari korupsi. Buktinya Karangasem tiga kali meraih WTPP (wajar tanpa pengecualian). Bahkan WTP tahun 2018 dengan skor B plus. “Tahun depan tingkatkan skornya jadi BB sehingga bonus dari Menteri Keuangan meningkat,” pintanya.

Turut hadir mendampingi Menpan RB Asman Abnur, Staf Ahli Bidang Budaya Kerja Teguh Widjanarko, Staf Khusus menteri Indra Gobel dan Novianta Nasution, serta Asisten Deputi Bidang Pelayanan Publik Jeffrey Erka Muller. Bupati Mas Sumatri melaporkan, MPP selama ini melayani 160 layanan dari 13 OPD. MPP dibuka mulai tanggal 2 April 2018. “Kami sangat setuju kalau di MPP ada layanan paspor. Walau pelayanan selama ini belum sempurna, setidaknya pelayanan secara umum telah berjalan,” jelas Bupati Mas Sumatri. Selama ini banyak masyarakat tidak tahu lokasi kantor pelayanan. “Dengan adanya MPP cukup datang ke Gedung UKM Center, semua terlayani,” tambah Bupati Mas Sumatri. *k16

Komentar