nusabali

SD Kota-Pedesaan Bersaing Ketat

  • www.nusabali.com-sd-kota-pedesaan-bersaing-ketat

SMPN 1 Gianyar kembali menggelar The 14th SMS (Sains Matematic Social) Competition bagi murid SD se-Kabupaten Gianyar, di sekolah setempat, Senin (7/5).

SMPN 1 Gianyar Gelar SMS Competition Ke-14

GIANYAR, NusaBali
Kompetisi bergengsi ini untuk menjaring murid berprestasi pada mata pelajaran IPA, Matematika, dan IPS. Hasilnya, 10 besar peraih nilai tertinggi dalam tiga mata pelajaran itu, direbut ketat antara murid-murid SD dari Kota Gianyar dan SD pedesaan.

Kompetisi diikuti 784 murid SD, dibuka Kepala SMPN 1 Gianyar Dewa Nyoman SPd MPd. Ditemui usai membuka kompetisi, Dewa Nyoman Bawa mengatakan, The 14th SMS Competition digelar tiap tahun sejak April 2004, memperebutkan Piala Bergilir Bupati Gianyar. Namun piala bergilir ini baru diperebutkan sejak tahun 2013, dan tahun ini merupakan ke-7. Piala bergilir untuk peraih juara umum atau SD peraih medali emas terbanyak. Tahun lalu Piala Bergilir Bupati Gianyar telah menjadi Piala Tetap di SDN 6 Gianyar, Jalan Kaliasem, Lingkungan Candibaru, Kelurahan/Kecamatan Gianyar.

Karena SD ini mampu mempertahankan piala tersebut secara berturut-turut. ‘’Karena itu The 14th SMS Competition ini dimulai dengan piala bergilir yang baru, tentu dengan model piala yang baru pula,’’ jelas pendidik asal Desa/Kecamatan Tegallalang, Gianyar ini.

Dewa Bawa mengakui, model SMS Competition ini sukses mengantarkan siswa berprestasi dalam bidang IPA, Matematika, dan IPS. SMPN 1 Gianyar pun sebagai salah satu SMP unggulan di Gianyar makin memantapkan diri sebagai sekolah RAPI (Ramah Anak, Prestasi, dan Integritas). Sekolah yang hanya berbatasan tembok di barat Kantor Bupati Gianyar ini makin tertantang untuk mempertahankan eksistensi sebagai sekolah unggulan. Caranya, mengadakan kegiatan kompetisi untuk meningkatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran tertentu, membangun sikap mental siswa agar berintegritas tinggi hingga mampu bersaing. Tak kalah penting, lanjut Dewa Bawa, sekolah wajib memfasilitasi siswa berprestasi sebagai salah satu upaya penjaminan mutu bagi SMPN 1 Gianyar. Memunculkan ide-ide inovatif dan kreatif dalam proses pengajaran. Dengan kompetisi ini, siswa sekolah ini terbukti mampu berprestasi pada OSN (Olympiade Sains Nasional) hingga Internasional.

Kata Dewa Bawa, murid yang meraih nilai 10 besar dalam masing-masing jurusan pada SMS ini akan direkomendasi untuk diterima sebagai murid baru di SMPN 1 Gianyar tahun ajaran 2018-2019, melalui jalur prestasi. Ketua Panitia The 14th SMS Competition I Wayan Balik SPd MPd mengatakan, 784 peserta kompetisi sehari dari SD seluruh Kabupaten Gianyar ini memperebutkan 2 medali emas, 3 perak dan 5 perunggu. Pengumuman pemenang langsung dilakukan usai lomba, setelah pemeriksaan jawaban dan perankingan dengan komputer. Hadiah kompetisi akan diserahkan pada Sabtu (26/5), oleh Bupati Gianyar.*lsa

Komentar