nusabali

Delapan Anggota Komplotan Begal Sadis Diringkus

  • www.nusabali.com-delapan-anggota-komplotan-begal-sadis-diringkus

Petugas melakukan penangkapan terhadap pelaku pada Selasa siang pukul 11.30 Wita tepat 10 jam setelah beraksi.

DENPASAR, NusaBali
Delapan anggota kompolotan begal yang selama ini meresahkan pengguna jalan di sekitaran Jalan Mahendradatta, Denpasar Barat berhasil dibekuk Unit Reskrim Polsek Denpasar Barat beberapa jam setelah melakukan aksi terakhirnya pada Selasa (10/10) dinihari lalu. Dalam aksinya, pelaku menghadang motor korban, lalu melakukan penganiayaan dan merampas barang berharga korban. 

Delapan anggota kawanan begal yang diringkus diantaranya, 1 Ketut Warnata, 18, Kadek Indra Nova Handika, 18, I Kadek Adi Putra, 18, I Ketut Tomi Yasiada, 18, Pratito Anjarwono, 23, I Kadek Sumerta, 22, I Putu Suandika, 21 dan seorang bocah bawa umur berinisial I Kadek RS, 16.

Informasi yang dihimpun, penangkapan kawanan begal ini berawal dari laporan korban Jerny F Fangiade, 26 pada Selasa dinihari. Korban yang tinggal di Jalan Buana Raya nomor 101, Denpasar Barat itu baru saja pulang dari tempat kerjanya dan melintas dilokasi sekitar pukul 02.00 Wita. 

Apesnya, sekelompok begal yang beranggotakan ABG (Anak Baru Gede) yang sudah berkumpul ditengah jalan itu menghadangnya dan melakukan penganiayaan. Bahkan, harta benda berupa dompet dan HP milik korban diambil paksa. “Tanpa ba bi bu, para pelaku ini melakukan penganiayaan terhadap korban ini. Setelah itu dilakukan pengeledahan dan ditemukan dompet dan HP nya. Barang berharga itu pun dibawa sama para pelaku, sementara korban ditinggal di TKP,” beber sumber di Kepolisian, Rabu (11/10) siang kemarin.

Diakui korban, para pelaku yang diduga berjumlah 8 orang ini memiliki peran masing-masing. Beberapa diantaranya berhenti ditengah jalan dan sisanya mengejar korban dari arah belakang serta meneriaki korban untuk berhenti. Walhasil, korban yang mengendarai motor Jupiter DK 5336 DV ini menduga akan terjadi hal yang tidak diinginkan, ia pun berhenti dan meladeni. Namun, para pelaku yang justru melakukan aksi penganiayaan. “Ada tugas masing-masing pelaku ini. Ada yang mengejar, ada yang menghadang dan ada yang meneriaki. Sehingga, korban ini tidak bisa berbuat banyak dan menjadi korban aksi bringas para pelaku,” tuturnya

Pasca musibah yang dialaminya, korban pun melaporkan kasus itu ke Mapolsek Denpasar Barat untuk ditindaklanjuti. Dihadapan petugas, korban mengakui barang milik korban yang digasak oleh para pelaku berupa dompet berisi uang tunai Rp 700.000, ATM BCA, HP Samsung dengan kerugian total mencapai Rp 3 juta. “Pasca laporan masuk, jajaran Unit Reskrim Polsek Denbar melakukan penyelidikan dan mengejar pelakunya yang sudah teridentifikasi oleh anggota,” kata sumber.

Kanit Reskrim Polsek Denpasar Barat Iptu Aan Saputra RA membenarkan penangkapan pelaku begal yang kerap beraksi di Jalan Mahendradatta, Denpasar. Kata dia, anggotanya yang melakukan penyelidikan berhasil mengendus keberadaan seorang terduga pelaku dikawasan Mambal, Badung. 

Petugas pun melakukan penangkapan terhadap seorang pelaku pada Selasa siang pukul 11.30 Wita tepat 10 jam setelah beraksi. Nah, darisana, terungkap jika yang beraksi pada saat itu berjumlah 8 orang. Anggota reskrim pun melakukan penangkapan terhadap tersangka dirumah mereka masing-masing. Adapun pelaku yang diamankan masing-masing bernama 1 Ketut Warnata, 18, I Kadek Indra Nova Handika, 18, I Kadek Adi Putra, 18, I Ketut Tomi Yasiada, 18, Pratito Anjarwono, 23, I Kadek Sumerta, 22, I Putu Suandika, 21 dan seorang bocah bawa umur berinisial I Kadek RS, 16. “Para pelaku ini ditangkap satu persatu dari rumah mereka. Setelah itu kita introgasi dan mengakui telah melakukan aksinya di Jalan Mahendradata ini,” tungkasnya seraya mengakui masih melakukan pendalaman prihal lokasi lainnya.7dar

Komentar