nusabali

KemenPAN-RB Luncurkan 'E-Government'

  • www.nusabali.com-kemenpan-rb-luncurkan-e-government

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Asman Abnur mengatakan, saat ini kita memasuki era connectivity dan internet of think.

Reformasi Birokrasi


JAKARTA, NusaBali
Dimana batasan ruang diterjang dan waktu dipersingkat. Oleh karena itu, perlu mewujudkan birokrasi pemerintahan yang lincah dan efektif. "Penerapannya melalui e-Government secara masif, terstruktur dan sistematis agar birokrasi pemerintahan berjalan efektif dan efisien," imbuh Asman di KemenPANRB, Rabu (4/10).
 
Sebagai penggerak utama reformasi birokrasi, kata Asman, KemenPANRB memiliki tanggungjawab menjadi role model penerapan e-Goverment. KemenPANRB pun meluncurkan e-Government untuk menegaskan bahwa KemenPANRB sudah move on ke zona kompetitif dengan menerapkan e-Government dalam tata kelola pemerintahan. Hal tersebut juga menegaskan, KemenPANRB memiliki kesiapan optimal sebagai role model nasional.
 
"Plus dapat memberi inspirasi kepada instansi pemerintah lainnya untuk mengakselerasi e-Government," ucap MenPANRB. Bagi MenPANRB sangat penting peningkatan efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas dalam tata kelola pemerintahan di era digital guna mewujudkan pemerintahan kelas dunia.
 
Untuk itu, dari tahun ke tahun KemenPANRB terus berbenah serta melakukan perbaikan dan inovasi.Sekretaris KemenPANRB Dwi Wahyu Atmaji menambahkan, ada tujuh inovasi KemenPANRB dan satu inovasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang dilaunching pada Kamis (4/10). Yakni Command Center, e-Office PANRB SMART, e-Salam, e-Karpeg, e-Data, e-Performance, DC dan DRC serta SIJAPTI.
 
Command Center merupakan pusat kendali dan monitoring data pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi. e-Office PANRB SMART adalah sebuah sistem informasi persuratan elektronik, informasi kepegawaian serta layanan penugasan dan tata usaha. e-Salam adalah aplikasi layanan KemenPANRB berbasis web dan terintegrasi.
 
Sementara e-Karpeg merupakan kartu identitas multi fungsi yakni tidak sekadar menjadi kartu identitas pegawai. Melainkan dapat digunakan untuk akses ke ruangan kerja, ATM serta dilengkapi fasilitas uang elektronik. e-Data merupakan inovasi untuk mengintegrasikan data pegawai KemenPANRB dengan BKN serta data tabungan dan asuransi pensiun.
 
"e-Performance based budgeting adalah aplikasi sistem perencanaan kinerja dan penganggaran. Adapun Data Center (DC) dan Disaster Recovery (DRC) merupakan infrastruktur teknologi yang sangat penting dalam menjamin optimalnya sistem pemerintahan berbasis elektronik di lingkungan KemenPANRB," jelas Atmaji.
 
Sementara satu inovasi dari KASN adalah SIJAPTI. SIJAPTI merupakan singkatan dari Aplikasi Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi. Nantinya segera diintegrasikan ke Command Center KemenPANRB. *k22

Komentar