nusabali

Koperasi Diminta Segera RAT

  • www.nusabali.com-koperasi-diminta-segera-rat

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali mengingatkan berbagai koperasi yang menjadi binaan pemerintah provinsi setempat agar segera melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) terkait kegiatan dan usaha yang sudah dilaksanakan pada 2015.

DENPASAR, NusaBali
"Untuk koperasi primer, RAT disepakati dari Januari hingga paling lambat Maret 2016 harus sudah melaksanakannya. Sedangkan koperasi sekunder, terakhir waktu RAT sampai Juni 2016," kata Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Bali Dewa Nyoman Patra di sela-sela Pembukaan Bulan RAT Koperasi 2016, di Denpasar, Selasa seperti dilansir antara.

Menurut dia, jika sampai dua kali berturut-turut tidak melaksanakan RAT, maka sesuai dengan UU No 25 Tahun 1992 tentang Koperasi, koperasi tersebut dapat dibubarkan.

"Tetapi sebelumnya tetap kami berikan pembinaan. Jika setelah dibina tetap saja membandel, terpaksa akan kami hentikan supaya tidak sampai mengganggu koperasi yang lainnya," ucapnya.

Dewa Patra menambahkan, dengan RAT, selain untuk mengevaluasi program kerja koperasi selama setahun dan penyusunan program kerja tahun berikutnya, sekaligus untuk mengevaluasi keberadaan koperasi berkualitas atau tidak.

"Bagi kami, memudahkan pula dalam melakukan pendataan koperasi, untuk kemudian diberikan pembinaan," ucapnya sembari menyebutkan awal tahun ini sudah ada beberapa koperasi yang melaksanakan RAT.
 
Dia berpandangan dengan adanya teknologi yang baru, sesungguhnya tidak sulit untuk melaksanakan RAT karena setiap saat bisa dicetak neraca koperasi masing-masing.

Pihaknya sangat bersyukur pada 2015 itu, dari 150 koperasi binaan, sudah semuanya melaksanakan RAT. Termasuk bagi koperasi-koperasi yang belum wajib RAT (karena belum berusia setahun) sudah melaksanakan RAT. "Itu menunjukkan keterbukaan mereka," ucapnya.

Di sisi lain, menurut Dewa Patra, sesungguhnya tidak alasan bagi koperasi untuk tidak menjalankan usahanya karena pihaknya juga menyiapkan pendampingan, dan memfasilitasi berbagai hal, termasuk menghubungkan akses dengan perbankan. 7

Komentar