nusabali

Pencari Kerja Antusias Konsultasi di Klik Koma

  • www.nusabali.com-pencari-kerja-antusias-konsultasi-di-klik-koma

TABANAN, NusaBali - Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kabupaten Tabanan menerima puluhan pertanyaan masyarakat terkait masalah pencarian kerja dan koperasi. Pertanyaan itu disampaikan lewat aplikasi Klik Koma TTK (Klinik Konsultasi Terpadu Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja).

Terhadap puluhan pertanyaan ini sudah ditindaklanjuti oleh tim untuk dituntaskan. Terlebih lagi bagi masyarakat yang hendak mengetahui pendaftaran ikut pelatihan kerja. Dari data, puluhan pertanyaan yang masuk lebih banyak mempertanyakan pendaftaran pencarian kerja tahun 2024. Ada pula yang mempertanyakan syarat pendirian LPK (Lembaga Pelatihan Kerja). 

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kabupaten Tabanan I Nyoman Putra mengatakan sejak aplikasi ini dibuat tahun 2023 lalu memang banyak masyarakat yang berkonsultasi. Konsultasi yang dilakukan masyarakat lebih banyak menanyakan masalah pencarian kerja. "Kami sudah tindaklanjuti pertanyaan dari masyarakat," ujarnya. 

Disebutkan, layanan ini bertujuan  untuk memberikan saran dan masukan profesional kepada masyarakat Kabupaten Tabanan yang sedang mengalami permasalahan dalam bidang Koperasi, UMKM dan Ketenagakerjaan.

Melalui layanan ini, kata Putra, siapa pun dapat mengajukan permohonan konsultasi sesuai dengan permasalahan yang dialaminya semudah menjentikan jari tangan. "Jadi pemohon hanya perlu mengisi formulir sederhana secara online dari handphone masing-masing," katanya. 

Begitu permohonan terkirim, tim konsultan dari Diskopukmnaker Tabanan akan segera merespon dan melayani permohonan tersebut. Pemohon kemudian dapat memilih untuk melakukan konsultasi secara tatap muka atau daring melalui aplikasi telekonferensi, seperti Zoom Meeting.

Putra menambahkan, melalui layanan konsultasi ini, pihaknya berkomitmen untuk membantu masyarakat Tabanan dalam memfasilitasi pendirian dan pengembangan koperasi dan lembaga perkreditan desa (LPD). 

Selain itu, mendukung pengembangan UMKM, meningkatkan produktivitas kerja, memperluas peluang kerja, memastikan keharmonisan hubungan industrial, meningkatkan kesejahteraan pekerja. Serta memberikan pelatihan kerja yang berkualitas dan tepat sasaran. "Jadi layanan ini sangat membantu sekali. Karena sejak dibuka, sangat dimanfaatkan," tegasnya.des

Komentar