nusabali

Muda Mudi Long March Gunakan Pakaian Adat Nusantara

  • www.nusabali.com-muda-mudi-long-march-gunakan-pakaian-adat-nusantara

Ratusan muda-mudi Kabupaten Jembrana, melakukan aksi long march di sela-sela acara Car Free Day (CFD) di seputaran areal Gedung Kesenian Bung Karno dan Kantor Bupati Jembrana, Minggu (27/8) pagi.

NEGARA, NusaBali
Aksi long march dengan menggunakan berbagai pakaian adat Nusantara dengan mambawa berbagai atribut merah putih serta lambang Garuda Pancasila ini, dilakukan untuk menggaungkan semangat NKRI.

Aksi long march melibatkan muda-mudi atas nama komponen Generasi Muda Jembrana Pembela Pancasila ini, dilakukan dengan start di Lapangan Dauhwaru. Selain menyerukan dukungan terhadap kebhinekaan Indonesia, juga disuarakan pernyataan sikap mengenai dukungan terhadap Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perpu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas,  untuk menjaga harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Selama melakukan aksi long march, para muda-mudi Pembela Pancasila, yang diantaranya terdiri dari  Forum Komunikasi Remaja Hindu (FKRH) Jembrana, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jembrana, Sakawira Kodim 1617 Jembrana, SMA 2 Negara, serta beberapa warga umum ini, menyanyikan sejumlah lagu nasional, juga meneriakan yel-yel 'NKRI Harga Mati !', 'Tolak Ormas Anti Pancasila!'. 

Koordinator Gerakan Pembela Pancasila, Ida Bagus Komang Heriawan, mengatakan, gerakan melibatkan ratusan muda-mudi Jembrana ini, merupakan bagian nuansa HUT ke-72 Kemerdekan RI. Ada sejumlah pernyataan sikap yang dibawakan. Diantaranya mendukung penegakan Empat Konsesus Kehidupan Berbangsa, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI untuk menjaga keutuhan bangsa. “Kami juga menolak seluruh paham dan organisasi radikal dan intoleransi ancaman keutuhan bangsa yang bermartabat berdasarkan Ideologi Pancasila dan berkarakter kebangsaan,” ujarnya. 

Selain itu, juga merawat kebhinekaan untuk menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang indah, penuh dengan warna dalam satu kesatuan dibawah naungan NKRI. Dalam kesempatan aksi long march itu, mereka turut membawa spanduk untuk diberikan sebagai wadah tandatangan masyarakat yang mendukung semangat pembela Pancasila ini. *ode

Komentar