nusabali

Soton Kembali ke Premier League

  • www.nusabali.com-soton-kembali-ke-premier-league

LONDON, NusaBali - Southampton kembali ke Liga Primer Inggris (Premier League) musim depan, setelah mengalahkan Leeds United 1-0, dalam final play-off promosi Divisi Championship di Stadion Wembley, London, Senin (27/5) dinihari Wita.

Sukses itu membuat Soton menjadi tim ketiga dari Divisi Championship yang promosi ke Liga Primer Inggris musim depan. Sebelumnya Leicester City dan Ipswich Town memastikan diri lolos melalui peringkat pertama dan kedua.

Southampton sebenarnya mengakhiri Championship League musim 2023/2024 di posisi keempat, dengan 87 poin. Namun, The Saint berhak ke Premier League musim depan karena memenangkan babak play-off. 

Di semifinal Soton unggul 3-1 secara agregat atas West Bromwich Albion. Lalu di final, Southampton menang 1-0 atas Leeds United. Gol tunggal mereka dicetak Adam Armstrong.

Secara statistik dalam laga itu sebenarnya Leeds United mendominasi pertandingan dengan mencatatkan 57 persen penguasaan bola, namun Southampton mampu menciptakan gol, sekaligus promoso ke EPL.

Sementara itu juara EFL Championship musim ini, Leicester City, yang . tampil dominan sejak awal musim. Jamie Vardy dkk pun meraih 97 poin dari 46 laga.

Ipswich Town di posisi kedua. Pasukan Kieran McKenna tertinggal satu poin dari Leicester. Mereka akan kembali berlaga di Premier League setelah 22 tahun absen Dua dari tiga tim, Leicester dan Southampton baru terdegradasi pada musim 2022/2023. 

Keduanya hanya memerlukan satu musim di EFL Championship untuk kembali ke level tertinggi sepakbola Inggris itu. Sedangkan Ipswich Town tampil luar biasa pada musim 2023/2024. The Tractor Boys absen dari  liga level tertinggi Inggris sejak 2002 atau 22 tahun. *

Komentar