nusabali

Samas Fest 2024: Semarak Ogoh-Ogoh Mini di Lombok Barat

  • www.nusabali.com-samas-fest-2024-semarak-ogoh-ogoh-mini-di-lombok-barat
  • www.nusabali.com-samas-fest-2024-semarak-ogoh-ogoh-mini-di-lombok-barat

MATARAM, NusaBali.com - Semarak HUT ke-10 STT Sastra Emas diwarnai dengan gelaran Samas Fest, sebuah lomba ogoh-ogoh mini yang merajut tali persaudaraan melalui kreativitas tanpa batas.

Berlangsung di Balai Banjar Karya Bhakti Kembang Kuning, Minggu (12/5/2024), acara ini menyatukan antusiasme masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

"Kami mengangkat tema 'Merajut Tali Persaudaraan melalui Kreativitas Tanpa Batas' untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan di antara masyarakat," ujar I Made Putra Dwiantara (20), Sekretaris STT Sastra Emas.

Latar belakang diadakannya lomba ini adalah untuk memperingati HUT STT Sastra Emas dan juga antusias muda mudi yang ada di Kembang Kuning yang sangat banyak sehingga mendorong semangat STT Sastra Emas untuk mengadakan lomba ogoh-ogoh mini.

"Lomba ini diadakan setelah hari Raya Nyepi karena untuk tetap terus meningkatkan skill khususnya dalam seni rupa yang pastinya akan terus pula ditingkatkan untuk tahun berikutnya," jelas Balla, sapaan akrabnya.

Perkembangan dan perubahan ogoh-ogoh mini di Lombok, menurut I Ketut Parka selaku Ketua Panitia, sudah mulai meningkat dan bersaing dengan daerah lain, salah satunya Bali. Antusiasme peserta luar biasa, mereka tak hanya datang untuk lomba, tetapi juga menikmati rangkaian hiburan seperti kupon undian door prize, dance performance, dan Tari Joget Gandrung.

"Free konsumsi berupa snack dan kopi juga disediakan bagi para peserta dan penonton," tambah Parka soal lomba di Desa Gerimax Indah, Kecamatan Narmada, Lombok Barat ini.

Lomba ini dibuka untuk umum dan diikuti oleh 45 ogoh-ogoh mini dengan kategori mesin dan non-mesin. Samas Fest dimeriahkan pula oleh dewan juri ternama, I Wayan Kusuma Di Biagi SSn MSn, dan Ida Bagus Urip Jaya Nanda SSn.

Dampak positif dari kegiatan ini tak hanya bagi STT Sastra Emas, tetapi juga bagi UMKM di Desa Kembang Kuning, para pedagang keliling yang membuka stand di sekitar lokasi lomba, dan tentunya menjalin persaudaraan antar umat Hindu.

"Harapannya kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan meningkatkan kreativitas dalam seni rupa," kata Balla. *m03

Hasil Lomba
  1. Abu Team - Waringin Sungsang (Nilai: 172)
  2. Catur Adyana - Rahwana Wilmana (Nilai: 170)
  3. Bagus Adi - Sapu Leger (Nilai: 168)
  • Juara Harapan:I Nengah Wedya Adnyana - Durga Manik Cilinaya (Nilai: 166)
  • Juara Favorit: Oman Ariq - Ang Rebut Tirta Amertha

Komentar