nusabali

Persiapan Duta Tabanan Tampil di PKB Sudah 90 Persen

  • www.nusabali.com-persiapan-duta-tabanan-tampil-di-pkb-sudah-90-persen

TABANAN, NusaBali - Duta Kabupaten Tabanan bersiap tampil dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) 2024. Saat ini persiapan peserta sudah 90 persen.

Bahkan jika tidak ada halangan, sebelum tampil di PKB provinsi, mereka bakal pentas di ajang PKB kabupaten. Rencananya PKB kabupaten dilaksanakan pada 8 dan 9 Juni 2024.

Kepala Dinas Kebudayaan Tabanan I Made Yudiana mengatakan untuk PKB kabupaten rencananya digelar pada 8 dan 9 Juni 2024. Namun tanggal tersebut belum pasti karena masih menunggu persetujuan pimpinan dalam hal ini Bupati Tabanan. “Rencana tanggal 8 dan 9 PKB kabupaten digelar di panggung GWS,” ujarnya, Selasa (21/5).
 
Sementara itu, Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan Tabanan Ni Luh Nyoman Sri Suryati menambahkan persiapan duta Tabanan pentas di PKB sudah 90 persen. Seluruh peserta telah dibina dan tinggal penyempurnaan. “Pembinaan dari provinsi juga sudah dilakukan hari Minggu kemarin,” ucapnya. 

Di PKB 2024 ini Kabupaten Tabanan bakal menampilkan 14 materi. Ada 1.500 seniman yang bakal dilibatkan untuk menjadi duta Kabupaten Tabanan. Total anggaran pun ditambah untuk tahun ini sebesar Rp 2,5 miliar lebih.

Kemudian dalam pawai nanti Tabanan akan menampilkan garapan tematik upacara Ngeraja Swala. Ngeraja Swala adalah prosesi upacara Menek Kelih (upacara menginjak usia dewasa). Tujuannya untuk memohon kepada Sang Hyang Semara Ratih agar diberikan jalan yang baik dan tidak menyesatkan. Dalam penampilan nanti akan dilibatkan sekitar 300-an seniman. 7 des

Komentar