nusabali

Program Se-HATI Sasar 10 Sekolah

  • www.nusabali.com-program-se-hati-sasar-10-sekolah

SINGARAJA, NusaBali - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng kembali meluncurkan program Se-HATI (Sehat, Halaman Asri, Teratur, dan Indah). Ada 10 Sekolah Dasar (SD) yang disasar tahun ini untuk diberikan pendampingan dan bantuan bibit serta media tanam sebagai stimulan.

 Kepala DKPP Buleleng Gede Putra Aryana, Jumat (17/5) kemarin mengatakan, sepuluh sekolah yang disasar program Se-HATI ada di sembilan kecamatan. Masing-masing ada 1 sekolah terkecuali Kecamatan Buleleng sebanyak 2 sekolah. “Program ini bentuknya stimulan. Kami mengedukasi dan mendampingi sekolah untuk mengenalkan dan membiasakan anak usia dini bisa bercocok tanam harapannya mereka meneruskan di lingkungan keluarga agar bisa berswasembada pangan,” terang Aryana. 

Aryana juga menambahkan, sepuluh sekolah yang menjadi sasaran program Se-HATI, adalah satuan pendidikan yang berada di desa lokus penanganan stunting. Masing-masing sekolah akan diberikan bantuan berupa bibit tanaman dan juga media tanam. Total DKPP Buleleng menyiapkan anggaran Rp 96 juta untuk program ini.

“Jumlahnya memang tidak terlalu besar karena sifatnya stimulan dan lebih pada edukasi. Kami juga menggandeng Pemerintah Desa (Pemdes) untuk keberlanjutan program. Bisa menggunakan 20 persen dana desa yang dialokasikan untuk ketahanan pangan,” imbuh mantan Camat Busungbiu ini. 

Program Se-HATI DKPP Buleleng ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2023 lalu. Sekolah sasaran tahun sebelumnya juga tetap didampingi dan dipantau keberlanjutannya. Sekolah rata-rata membagikan bibit yang ditumbuhkan di sekolah kepada anak didiknya, untuk ditanam dan dikembangkan lagi di rumah masing-masing.

“Yang jelas output yang diharapkan keluarga di lokus stunting Buleleng bisa berswasembada pangan. Minimal bisa berproduksi untuk pemenuhan konsumsi pangan mereka sehari-hari. Kalaupun bisa mengembangkan lebih banyak itu bagus menjadi sumber pendapatan tambahan keluarga,” kata pejabat asal Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu Buleleng ini. 

Sementara itu, sesuai SK Kepala DKPP  Nomor: 600/0723/DKPP/2024, tentang kegiatan sekolah Se-HATI pada DKPP Buleleng, menetapkan 10 sekolah sasaran. Yakni SDN 2 Tukadmungga dan SDN 1 Banyuasri di Kecamatan Buleleng, SDN 2 Sulanyah di Kecamatan Seririt, SDN 2 Tigawasa di Kecamatan Banjar, SDN 4 Temukus di Kecamatan Banjar, SDN 3 Bengkel di Kecamatan Busungbiu, SDN 3 Kayuputih Melaka di Kecamatan Sukasada, SDN 3 Sambirenteng di Kecamatan Tejakula, SDN 2 Bulian di Kecamatan Kubutambahan, SdN 4 Sangsit di Kecamatan Sawan.7 k23

Komentar