nusabali

Siswa SMPN 1 Banjarangkan Tampilkan Robotik

  • www.nusabali.com-siswa-smpn-1-banjarangkan-tampilkan-robotik

Kelompok Ilmiah Remaja SMPN 1 Banjarangkan juga menghasilkan sabun mandi cair yang dibuat dari pelepah pisang.

SEMARAPURA, NusaBali - Siswa SMPN 1 Banjarangkan, Klungkung, menampilkan karya Robotik Spensabra saat pameran pendidikan tahun 2024 di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung, 6-8 Mei 2024. Robotik Spensabra berupa sensor yang mendeteksi jarak orang lewat, mengetahui kepenuhan air, dan mengetahui jika turun hujan saat pameran pendidikan. Siswa yang bertugas sangat senang bisa berbagi pengalaman dan keterampilan. Pengunjung juga sangat antusias mempraktekkan dan mendengarkan informasi pedamping dari anak-anak pecinta robotik.

Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika didampingi Kadisdikpora Klungkung I Ketut Sujana dan Asisten III Setda Klungkung Dewa Gde Darmawan berkunjung ke stand pameran pada Rabu (8/5). Jendrika mengapresiasi hasil karya Robotik Spensabra. Kasek SMPN 1 Banjarangkan, I Nengah Suradnya, mengatakan Robotik Spensabra berupa sensor yang mendeteksi jarak orang lewat, mengetahui kepenuhan air, dan mengetahui jika turun hujan saat pameran pendidikan. “Robotik yang diperagakan saat pameran pendidikan hasil dari ekstrakurikuler robotik yang dilatih oleh pembina robotik yang didatangkan pihak sekolah untuk membina anak-anak secara berkelanjutan,” ujar Suradnya, Kamis (9/5).


Saat pelatihan dihadiri dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi saat kunjungan ke Kabupaten Klungkung, 7 April 2024 lalu. SMPN 1 Banjarangkan juga melahirkan peneliti-peneliti cilik cikal bakal peneliti andal masa depan yang tergabung dalam ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) Spensabra. Menghasilkan karya sabun mandi cair yang dibuat dari pelepah pisang sebagai kepedulian akan pemanfaatan dan penyelamatan lingkungan dari pencemaran. “Anak-anak sejak dini belajar sebagai enterclik entrepreneur cilik sebagai bentuk kecintaan akan produk dalam negeri,” kata Suradnya.

Sekolah juga menampilkan produk pupuk kompos dari club Sispala dengan nama COBRA1 (Compos Banjarangkan 1). Hal ini sebagai bentuk implementasi dalam penerapan Kurikulum Merdeka, di mana semua aktivitas pembelajaran keterampilan dan sikap berpusat pada peserta didik. Pameran pendidikan mengambil tema ‘Bergerak Bersama Menuju Merdeka Belajar’ merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Disdikpora Klungkung dengan peserta dari tingkat TK, SD, SMP dan SMK se-Kabupaten Klungkung. Pameran berakhir Rabu malam, sekaligus penyerahan hadiah bagi para pemenang Porseni Kabupaten Klungkung Tahun 2024. Saat pembukaan, siswa SMPN 1 Banjarangkan menampilkan Baleganjur Gita Santi garapan pembina Putu Handre Prayuda.

Pj Bupati Klungkung Nyoman Jendrika sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh insan pendidikan di Kabupaten Klungkung terhadap seluruh capaian pendidikan. “Apa yang telah dilakukan selama ini tentu sebuah usaha yang tulus dan tak mengenal lelah. Banyak prestasi yang telah dicapai oleh anak-anak maupun pendidik dan tenaga kependidikan kita,” ujar Jendrika. Pembangunan di bidang pendidikan harus terus berjalan dan berkesinambungan. “Semoga kita diberi kekuatan lahir dan batin untuk terus bergerak bersama mewujudnyatakan cita-cita para tokoh pendidikan kita,” harap Jendrika. 7 wan

Komentar