nusabali

Lombakan Bahan Alami Daun Daluman

Siswa SMAN 1 Bangli Ikut WYIE di Malaysia

  • www.nusabali.com-lombakan-bahan-alami-daun-daluman

Daun daluman dan biji mangga ini didasarkan atas kandungan senyawa aktif dan kemampuan untuk menjadi bahan baku edible film.

BANGLI, NusaBali  - Siswa SMAN 1 Bangli kembali mengikuti kompetisi internasional di Malaysia. Kali ini tim SMAN 1 Bangli (Smanichi) membawa produk edible film berbahan daun daluman (cincau hijau) dan biji mangga. 

Edible film merupakan lapis tipis alami yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam fungsi dan kegunaan, diantaranya dalam pengemasan makanan, penyegar nafas, obat yang cepat larut, dan dapat digunakan juga dalam industri pertanian untuk membuat pupuk yang dapat larut secara bertahap.

Pembinan Tim SMAN 1 Bangli I Wayan Januariawan mengatakan siswanya akan mengikuti World Young Inventors Exhibition (WYIE). WYIE merupkana kompetisi penelitian untuk mendorong semangat dalam berkreasi dan berinovasi bagi peneliti muda. Kompetisi ini diselenggarakan MINDS (Malaysian Invention and Design Society) yang merupakan acara unggulan tahunan ITEX (International Invention, Innovation, and Technology Exhibition) untuk peneliti muda.

Lanjutnya, SMAN 1 Bangli mengirim 1 tim terdiri dari 5 anggota akan membawa produk berupa edible film yang berbahan dasar daun daluman dan biji mangga. "Edible film ini untuk menggantikan penggunaan plastik sebagai kemasan makanan ramah lingkungan," jelasnya, Selasa (7/5).

Menurut Januariawan, dipilihnya daun daluman dan biji mangga ini didasarkan atas kandungan senyawa aktif dan kemampuan untuk menjadi bahan baku edible film. Selain itu bahan tersebut masih mudah didapatkan. "Sejauh ini daun daluman masih bisa di temukan untuk di daerah kita," ungkapnya. 

Produk ini sudah melewati beberapa uji mulai dari uji karakteristik fisik, organoleptik sampai pada uji kemampuan sebagai anti bakteri. Produk ini bahkan sudah didaftarkan Haki. "Tim riset Smanichi berharap produk ini dapat menjadi salah satu alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan lingkungan," ucapnya. 

Terkait persiapan, Januariawan mengatakan sudah menyiapkan sarana dan prasarana untuk kegiatan pameran dan untuk presentasi di hadapan dewan juri. Tim SMAN 1 Bangli akan berangkat ke Malaysia pada 14 Mei 2024 dan acara pemberian penghargaan 18 Mei 2024. Tim terdiri dari I Dewa Agung Mas Purnia Dewi, Sang Ayu Putu Gita Kharisma Putri, I Putu Sathya Raihan Basunjaya, ⁠I Made Pangun Dana, Putu Devina Noviyanti Saputri yang merupakan siawa kelas XI.7esa

Komentar