nusabali

Bangli Anggarkan Bantuan Ngaben Rp 2,2 Miliar

  • www.nusabali.com-bangli-anggarkan-bantuan-ngaben-rp-22-miliar

BANGLI, NusaBali - Program bantuan upesaksi ngaben massal tahun 2024 kembali dilaksanakan Pemkab Bangli. Anggaran untuk melaksanakan program ini Rp 2,2 miliar lebih.

Kabag Kesra Setda Bangli I Gede Eddy Hartawan mengatakan program bantuan ini untuk mendukung pelaksanaan upacara yang dilaksanakan desa adat, dadia atau kelompok masyarakat. Bantuan yang diberikan nilai Rp 1 juta per sawa (jenasah). Untuk tahun ini total anggaran Rp 2.270.000.000.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta saat menyerahkan dana bantuan ngaben kepada warganya tahun 2022. -EKA

Diakui rencana awal, jumlah anggaran Rp 5 miliar. "Rencana awal seperti itu, tapi di induk baru tersedia Rp 2,2 miliar lebih sesuai dengan ketersediaan anggaran," jelasnya, Jumat (3/5).

Lanjutnya, untuk bisa mengakses buntuan ini, desa, dadia atau kelompok masyarakat dapat mengajukan permohonan dengan melapirkan akta kematian. Ini juga bagian dari penertiban administrasi kependudukan.

Menurut Eddy Hartawan, sejauh ini belum ada pencairan bantuan upesaksi ngaben. "Belum ada pencarian karena belum adanya pengajuan. Untuk upacara ngaben banyak dilaksanakan pada Juli dan Agustus ini. Kemungkinan pengajuan banyak di bulan tersebut," sambungnya.7esa

Komentar