nusabali

Gianyar Student Creativities Wadah Menunjukkan Talenta Anak

  • www.nusabali.com-gianyar-student-creativities-wadah-menunjukkan-talenta-anak

GIANYAR, NusaBali - Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar menggelar Gianyar Student Creativities (GSC) untuk memberikan wadah dan kesempatan kepada peserta didik menujukkan talenta dan kompetensinya.

Kegiatan memperingati Hari Pendidikan Nasional ini menampilkan ragam kreatifitas dari jenjang TK/PAUD, SD, dan SMP. Dibuka dengan pawai budaya mengelilingi Alun-alun Kota Gianyar, Kamis (2/5) siang. GSC dilaksanakan hingga 4 Mei 2024 di Open Stage Balai Budaya Gianyar.

Gianyar Student Creativities dengan tema ‘Learning for Leasting Peace’ yakni belajar untuk perdamaian yang abadi. Sejalan dengan tema Hari Pendidikan Internasional Tahun 2024. Gianyar Student Creativities sebagai bentuk apresiasi terhadap seni tari, musik, drama, maupun suara yang dihasilkan oleh siswa sebagai implementasi dari penerapan Kurikulum Merdeka dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Plt Kadisdik Kabupaten Gianyar, Dewa Ngakan Putu Manuaba mengatakan Gianyar Student Creativities untuk memberikan ruang Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai implementasi dari penerapan Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan mulai tanggal 2 hingga 4 Mei 2024. Kegiatan ini sekaligus merayakan Hari Pendidikan Nasional dan memberi penghargaan setinggi-tingginya kepada tokoh nasional Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. “Melalui GSC, memberi ruang kepada siswa untuk menyalurkan bakat dan kreatifitasnya dalam berkarya, memupuk mental keberanian tampil di depan publik serta memperluas wawasan dan pengetahuan siswa tentang seni, sastra, budaya, dan kearifan lokal,” kata Dewa Ngakan Manuaba.

Foto: Siswa SMPN 1 Blahbatuh menampilkan gaun berbahan sampah plastik. -NOVI

GSC menampilkan parade budaya melibatkan 5.000 anak PAUD, SD, dan SMP. Ratusan siswa SMA, SMK, dan mahasiswa Politeknik Negeri Bali. “Dalam parade ini kami coba mengelola sampah yang banyak ada di sekitar kita menjadi gaun yang indah. Karena ada larangan menggunakan sampah plastik maka kami memakai sampah yang lain,” ungkap Dewa Ngakan Manuaba. Menampilkan pameran karya siswa dengan satu stand per kecamatan untuk tingkat PAUD, SD dan SMP. Parade kreatifitas siswa SD dan parade tari kebesaran/Tari Maskot SMP Kabupaten Gianyar yang dilaksanakan mulai pukul 18.00 sampai selesai di panggung Balai Budaya Gianyar.

Pj Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa yang membuka langsung Gianyar Student Creativities mengatakan sebagai bumi seni, Gianyar memiliki siswa/siswi yang mempunyai potensi di bidang seni, budaya, dan keterampilan. Dengan adanya Gianyar Student Creativities, anak-anak akan mempunyai mental yang bagus, semakin kreatif dan penuh inovasi dalam belajar dan berkarya. “Gianyar Student Creativities merupakan salah satu media yang tepat untuk memberikan ruang kepada seluruh siswa siswi di Kabupaten Gianyar menyalurkan bakat dan talentanya,” kata Dewa Tagel Wirasa.

Dia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung kegiatan pendidikan di Kabupaten Gianyar seperti halnya GSC. “Mari kita berkolaborasi, bergotong royong untuk memberikan dukungan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan agar proses pendidikan dapat menghasilkan SDM yang berkualitas. Karena kita percaya, ujung tombak keberhasilan pendidikan sesungguhya ada pada peran guru sebagai pendidik,” lanjutnya.

Dewa Tagel Wirasa berharap para pendidik dapat selalu melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik. Selama tugas pokok guru mampu dilaksanakan dan ditegakkan dengan baik, maka selamanya guru akan menjadi panutan bagi anak-anak. “Laksanakan tugas-tugas guru dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa cinta, karena masa depan bangsa dan generasi penerus ini sangat ditentukan oleh keberadaan bapak ibu guru,” ujar Dewa Tagel Wirasa. 7 nvi

Komentar