nusabali

Terbuka Tarung Trio Pecatu di PDIP

Giri Prasta Sebut Sutama Bakal Daftar Cabup

  • www.nusabali.com-terbuka-tarung-trio-pecatu-di-pdip

MANGUPURA, NusaBali - Proses penjaringan bakal Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) di internal DPC PDI Perjuangan (PDIP) Badung bakal  berjalan ketat. Tak hanya bagi kader partai namun juga non kader. Salah satu non kader yang disebut-sebut bakal mendaftar sebagai kandidat Cabup di PDIP adalah I Made Sutama, mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Badung yang asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan.

Sutama disebut-sebut oleh Ketua DPC PDIP Badung, I Nyoman Giri Prasta bakal mendaftar lewat PDIP untuk ikut tarung dalam Pilkada 2024. Sehingga, majunya Sutama di PDIP bisa membayangi tokoh lainnya asal Desa Pecatu yang akan bersaing berebut tiket calon kepala daerah di PDIP. Ada dua tokoh di Desa Pecatu yang berpeluang maju dari PDIP yakni Wayan Adi Arnawa yang saat ini menjabat sebagai Sekda Badung dan Ketut Suiasa yang saat ini menjabat Wakil Bupati Badung. Trio Pecatu ini bisa membuka persaingan sengit.

Ketua DPC, Giri Prasta saat diwawancarai usai konsolidasi internal DPD PDIP Bali dengan DPC PDIP Badung di Kantor DPC PDIP, Kelurahan Sempidi, Badung, Minggu (28/4) lalu mengakui kandidat non kader punya kesempatan untuk ikut berebut tiket cabup-cawabup. Giri Prasta mengatakan tidak hanya Sekda Adi Arnawa yang berpeluang dari non kader. Ada juga Sutama yang masih ada hubungan keluarga. Adi Arnawa sendiri adalah keponakan dari Sutama. “Oh itu non kader namanya. Ketika ada namanya proses berjalan, nanti ada mekanismenya. Nanti Pak Made Sutama juga akan mendaftar,” kata Giri Prasta.

Dengan pernyataan Giri Prasta itu, ada sinyal Sutama bakal berlabuh mendaftar ke PDIP. Padahal sebelumnya, Sutama sempat digadang-gadang akan mendampingi Ketua DPD Golkar Badung, I Wayan Suyasa sebagai calon wakil bupati.
Secara terpisah dikonfirmasi, Sutama membenarkan sudah ada komunikasi dengan Ketua DPC PDIP Badung, Giri Prasta. Namun, dirinya enggan membeberkan kapan akan melakukan pendaftaran ke DPC PDIP Badung. “Ya sudah ada komunikasi per telepon. Masih kita akan bahas dulu, cari waktu yang tepat,” ujar Sutama, Senin (29/4).

Sebelumnya DPC PDIP Badung menggelar rapat internal penjaringan bakal Cabup-Cawabup, Jumat (26/4). Dalam rapat yang berlangsung pukul 14.00 – 16.00 Wita tersebut, ada sembilan nama yang masuk dalam penjaringan Cabup-Cawabup dari PDIP. Nama-nama yang muncul untuk bakal Cabup dari unsur kader adalah  I Made Sudarsa alias Dator, I Gusti Anom Gumanti, I Bagus Alit Sucipta alias Gus Bota, I Ketut Suiasa. Sementara non kader yakni I Wayan Adi Arnawa dan Sutama. Sedangkan bakal Cawabup yang muncul dari kader ada Putu Parwata, I Nyoman Satria, I Putu Alit Yandinata dan Bima Nata.ind

Komentar