nusabali

18 Pejabat Incar Posisi Kadis Kominfo

  • www.nusabali.com-18-pejabat-incar-posisi-kadis-kominfo

Pj Bupati punya kewenangan memilih satu dari tiga nama ranking terbaik hasil seleksi.

SEMARAPURA, NusaBali - Sebanyak 18 pejabat eselon III mengikuti seleksi terbuka pemilihan Kadis Kominfo (Komunikasi dan Informatika) Klungkung. Mereka sudah lolos seleksi administrasi yang diumumkan pada Kamis (18/4). Perebutan jabatan Kadis Komifo melibatkan 3 camat, 3 kepala bagian, 4 sekretaris dinas, 7 kepala bidang, dan 1 Penata Perizinan Ahli Madya Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP). Mereka akan mengikuti serangkaian tes yang dilakukan oleh panitia seleksi (Pansel). 

Tiga camat yang membidik jabatan Kadis Kominfo yakni Camat Klungkung I Putu Arnawa, Camat Banjarangkan Dewa Komang Aswin, dan Camat Dawan I Dewa Gede Widiantara. Tiga kabag yang turut bersaing yakni Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan I Gusti Ngurah Made Suarba, Kabag Umum I Komang Sumendra, dan Kabag Perekonomian dan SDM I Nyoman Susanta. Empat sekretaris dinas yang turut mencari jabatan Kadis Kominfo masing-masing Sekretaris Satpol PP Komang Agus Putra Sanjaya, Sekretaris Diskominfo I Ketut Wikan Wiantara, Sekretaris Dinas PMDPPKB I Wayan Sudiarsa, dan Sekretaris Dinas PMPTSP I Gusti Ayu Anom Yuliati.

Tujuh kepala bidang yang juga mencoba peruntungan menduduki jabatan Kadis Kominfo. Mereka itu, Kabid di Satpol PP Tjokorda Gde Romy Tanaya, Kabid di Kesbangpol I Wayan Sudharma, Kabid di BKPSDM AA I Alit Pramawati, Kabid Pertanahan DLHP I Made Ariawan, Kabid di BPKPD I Gusti Ayu Putu Mahyuniati, Kabid di Dinas Pariwisata Kadek Angga Wijaya, dan Kabid di Disdukcapil I Komang Gde Adi Sujaya. Satu pelamar lagi yakni Penata Perizinan Ahli Madya Dinas PMPTSP I Nyoman Ruspawan. 

Sebanyak 18 pelamar ini akan mengikuti serangkaian tes yang dilakukan oleh panitia seleksi (Pansel). Nantinya, Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika punya kewenangan untuk memilih satu di antara tiga nama ranking terbaik hasil seleksi. Kepala Badan Kepegawaian dan SDM (BKPSDM) Klungkung, Ida Bagus Wirawan Adi Putra, mengatakan para pelamar akan mengikuti penilaian kompetensi (assessment) pada tanggal 22 April 2024. Presentasi makalah tanggal 23-24 April dan pengumuman hasil setiap tahapan pada tanggal 26 April. 

Secara normatif, kadis yang dipilih harus memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik. Tidak pernah dijatuhi hukuman pidana, hukuman disiplin tingkat sedang dan atau berat. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin atau tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin. BKSDM juga melakukan penelusuran terhadap rekam jejak calon Kadis Kominfo, baik dari administrasi kepegawaian serta penelusuran terhadap integritas dan moralitas selama pelaksanaan tugas. “Penelusuran melalui pengisian kuesioner kepada atasan atau mantan atasan, termasuk teman sejawat atau mantan teman sejawat, hingga bawahan atau mantan bawahan,” ujar Ida Bagus Wirawan, Jumat (19/4).

Selanjutnya Tim Pansel akan menyerahkan tiga nama terbaik kepada Pj Bupati I Nyoman Jendrika. Pj Bupati mengusulkan ketiga nama terbaik itu untuk dimintakan rekomendasi kepada Komisi ASN. Setelah rekomendasi atas tiga nama turun dari Komisi ASN, maka Pj Bupati memiliki kewenangan memilih satu dari tiga nama dimaksud untuk menempati posisi Kadis Kominfo. Untuk pelantikan, Pj Bupati juga harus minta rekomendasi dari Mendagri.

Sebelumnya diberitakan Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika akan melakukan mutasi untuk pengisian kekosongan posisi pejabat eselon II atau jabatan tinggi pratama, maupun pejabat eselon III dan IV yang kosong. Jabatan eselon II yang kosong yakni Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kadis Kominfo I Wayan Parna sudah pensiun beberapa waktu lalu. Kini ditempati Plt yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Klungkung, Luh Ketut Citrawati.

Jendrika mengatakan, untuk mengisi pejabat eselon II yang kosong, bersurat mohon izin kepada Kemendagri melalui Pj Gubernur Bali. “Kami mohon izin pengisian Kadis Kominfo,” ujar Jendrika beberapa waktu lalu. Jendrika juga akan mengisi kekosongan posisi pengawas dan administrator pejabat eselon III dan IV berdasarkan database di OPD yang bersangkutan. Nantinya dari OPD akan mengusulkan sesuai penilaian di unitnya masing-masing. “Dari usulan itu kami akan memutuskan,” kata Jendrika.

Termasuk, pengisian kekosongan posisi di perusahaan daerah seperti Perumda Tirta Panca Mahottama dan di RSUD Klungkung. “Kami akan isi semuanya sehingga tidak ada jabatan kosong baik OPD maupun di perusahaan daerah, setelah terisi nanti akan dilantik secara bersamaan,” kata Jendrika. Dia menegaskan, selama setahun menjabat sebagai Pj, tidak akan melakukan mutasi pergeseran pejabat. “Kami tetap mempertahankan struktur pejabat lama,” tegas Jendrika. 7 wan

Komentar