nusabali

Kelurahan Peguyangan Dorong Minat Generasi Muda Pelajari Bahasa Bali

  • www.nusabali.com-kelurahan-peguyangan-dorong-minat-generasi-muda-pelajari-bahasa-bali

DENPASAR, NusaBali - Kelurahan Peguyangan, Denpasar Utara menggelar pembinaan bahasa dan nyurat Aksara Bali untuk anak-anak Sekolah Dasar di Kantor Lurah Peguyangan, Kamis (18/4). Pembinaan ini dilakukan untuk melestarikan dan meningkatkan minat generasi muda terhadap bahasa, aksara dan Sastra Bali.

Lurah Peguyangan, Gede Sudi Arcana saat diwawancarai mengatakan, kegiatan kemarin melibatkan 100 orang siswa. Dalam pelaksanaan ini pihaknya bekerjasama dengan penyuluh Bahasa Bali di Kelurahan Peguyangan sebagai guru pembimbing.  “Kegiatan nyurat Aksara Bali ini kami kolaborasikan dengan giat Program Pustakeling Ayang Ebeb Kelurahan Peguyangan. Dan kami berharap dari program yang kami laksanakan ini dapat meningkatkan minat para generasi muda untuk mempelajari Aksara Bali,” ujar Sudi Arcana.

Sudi Arcana mengungkapkan, nantinya untuk siswa yang terpilih akan diikut sertakan dalam lomba pada bulan Bahasa Bali di Kelurahan Peguyangan. “Nanti ada lomba di Kelurahan Peguyangan saat bulan Bahasa Bali. Yang terpilih kita ikutkan lomba,” ujar Sudi Arcana.

Menurut dia, para siswa akan dibina agar mempelajari aksara dengan baik. Sebab, Bahasa Bali merupakan bahasa ibu yang harus terus lestari. “Semoga, melalui kegiatan ini secara berkelanjutan dapat melestarikan bahasa, aksara dan Sastra Bali,” ujar Sudi Arcana.

Apalagi kata dia, saat ini banyak generasi yang sudah enggan mempelajari Bahasa Bali. Dengan pembinaan ini, dia berharap Bahasa Bali bisa lestari sampai ke generasi berikutnya.mis

Komentar