nusabali

Porjar Bali Pertandingkan 40 Cabor

Digelar Sepekan, Dibagi 4 Kategori Plus Eksibisi

  • www.nusabali.com-porjar-bali-pertandingkan-40-cabor

Sesuai agenda, kegiatan yang sudah hampir pasti rampung 100 persen ini akan dilaksanakan sepekan yakni 3-8 Juni mendatang dan mengambil venue di dua kabupaten/kota yaitu Denpasar dan Badung.

DENPASAR, NusaBali
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali mulai merampungkan persiapan Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) 2024. Sesuai agenda, kegiatan itu akan dilaksanakan sepekan yakni 3-8 Juni mendatang dan mengambil venue di dua kabupaten/kota. Event itu juga akan melibatkan 40 cabang olahraga yang masukkan dalam empat kategori plus eksibisi.

Kepala Bidang Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, I Made Dana Tenaya menjelaskan sampai saat ini persiapan untuk Porjar sudah nyaris rampung 100 persen. Yang mana, seluruh cabor termasuk yang eksibisi sudah memiliki jadwal dan lokasi perhelatan event nantinya. "Sudah hampir 100 persen (persiapannya,red) dan tinggal ada beberapa step saja. Ada dua kabupaten/kota yang menjadi venue utama yakni Denpasar dan Badung. Porjar Bali mulai tanggal 3 - 8 Juni nanti," jelasnya saat dikonfirmasi, Selasa (16/4)

Masih menurut Dana Tenaya, yang terlibat dalam event yang mengangkat tema 'Porjar Provinsi Bali Gotong Royong' itu ada 40 cabang olahraga dan dibagi dalam tiga klasifikasi plus eksibisi. Klasifikasi pertama yakni cabor murni yang melibatkan 8 cabor, kedua cabor gotong royong dengan total 13 cabor dan ketiga gotong royong murni dengan total 9 cabor. Kemudian, ada juga cabor eksibisi yang jumlahnya sebanyak 10 cabor. "Kali ini memang berbeda dengan tahun lalu. Jadi, ada klasifikasinya. Ada 8 saja yang murni dan sisanya gotong royong dan eksibisi," sebutnya.

Diuraikan Dana Tenaya, untuk cabor murni, seluruh operasional dan persiapan serta akomodasi ditanggung resmi oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi. Kemudian, untuk cabor gotong royong untuk pembiayaan pelaksanaan dilakukan pihaknya. Sementara untuk akomodasi dilakukan cabor itu sendiri. Sebaliknya, untuk gotong royong murni seluruh pembiayaan dilakukan seluruh cabor, namun tetap difasilitasi eventnya oleh Disdikpora. "Sementara untuk eksibisi, itu dilakukan oleh cabor itu sendiri. Kami mengakui pelaksanaan dari kegiatan yang diselenggarakan," rincinya

Untuk cabor yang secara resmi dipertandingkan pada event itu yakni Sepakbola, Basket, Bola Voli, Bulutangkis, Tinju, Tenis Lapangan, Pencak Silat dan Sepak Takraw. Untuk cabor gotong royong masing-masing Atletik, Balap Sepeda, Judo, Karate, Menembak, Panjat Tebing, Panahan, Senam Artistik, Shorinji Kempo, Taekwondo, Tarung Derajat, Renang dan Wushu. 

Kemudian, untuk cabor gotong royong murni masing-masing, Kriket, Catur, Dance Sport, Kabaddi, Selam, Pentanque, Softball/Baseball, Tenis Meja dan Woodball. Sementara, untuk eksibisi masing-masing Rugbi, Yongmoodo, Pickle Ball, Xiang Qi, Bola Tangan, Bridge, Muaythai, Angkat Besi, Esport dan Futsal. "Sehingga total keseluruhan cabor yang terlibat yakni 40 Cabor," pungkasnya. 7 dar

Komentar